Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14235.jpg

    BANDUNG-Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kamis (1/10), memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang bertempat di Halaman Gedung Sate Bandung. Pelaksana harian (Plh) Gubernur, Deddy Mizwar bertindak sebagai inspektur upacara dan membacakan teks ikrar.

    Upacara yang berlangsung khidmat dan singkat itu, dimulai dengan membacakan teks Pembukaan Undang-Undang dasar 1945 dan Pancasila. Inspektur upacara membaca ikrar yang berisi : 
    "Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah  banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia; bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

    Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia; maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

    Usai inspektur upacara membacakan ikrar, upacara ditutup dengan pembacaan doa. Setelah laporan komandan upacara, maka seluruh rangkaian upacara Hari Kesaktian Pancasila telah selesai tidak kurang dari 30 menit, Plh Gubernur Deddy Mizwar ketika diwawancara awak media menegaskan kembali tentang keharusan mempertahankan Ideologi Pancasila sebagai Dasar negara. "Ideologi Pancasila itu, bukan sesuatu yang tiba-tiba jadi, tetapi melalui proses pemikiran yang panjang,” jelas Deddy Mizwar.

    Menurutnya, ideologi Pancasila adalah idelogi yang terbaik. "Coba beri tahu saya mana ideologi yang baik untuk Indonesia ini?” tanya Deddy Mizwar kepada para wartawan. "Ideologi ini saya nyatakan, merupakan ideologi yang tercipta dari pemikiran dan perjalanan yang panjang,” ujarnya.

    Pada upacara Peringatan HAPSAK 2015 ini, selain peserta upacara yang umumnya PNS dan para siswa itu, juga dihadiri para petinggi OPD Pemprov Jabar dan para anggota Forum Koordinasi Pimpinan (FORKOMINDA) Provinsi Jawa Barat.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus