Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hadapi MEA, Indonesia Diurutan 9 ASEAN

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14367.jpg

    BANDUNG–Anggota Komisi II DPRD Jabar Ridho Budiman menjelaskan, hasil survey terakhir dalam kesiapan menghadapi  Masyarakat Ekonomi Asesan, Indonesia berada di urutan ke-9 dari 10 negara-negara ASEAN. Menurut Ridho ini membuktikan kurang seriusnya Pemerintah mempersiapkan era pasar bebas ASEAN.

    “Saya sangat menyayangkan, Pemerintah pusat seperti tidak sungguh-sungguh atau barangkalai sangat kurang persiapan untuk menghadapi MEA. Buktinya, dari hasil survey terakhir, Indonesia menempati urutan ke sembilan dari sepuluh negara ASEAN” ujar Ridho di Bandung, Minggu (11/10).

    Menurutnya, kondisi ini memungkinkan Indonesia hanya akan menjadi pasar bagi negara-negara ASEAN lainnya, sementara yang lain siap menjadi produsen.

    “Artinya Indonesia hanya akan jadi pasar dari produk dan tenaga kerja negara ASEAN lain, dan tidak bisa bersaing. Ini kan memprihatnkan” katanya.

    Ketidak siapan Pemerintah Pusat berimbas pada daerah, termasuk Jawa Barat.

    “Jelas Jawa Barat juga terimbas dari ini. Namun kita akan terus dorong Pemerintah Provinsi melalui Dinas-dinas untuk terus menggenjot persiapan yang hanya tinggal beberapa bulan ini, untuk membuat kebijakan yang pro MEA” jelasnya. (Pun)
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus