Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BKKBN Jabar Upayakan Peserta KB Tidak DO

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14596.jpg

    BANDUNG- Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat, Sugilar mengatakan, pihaknya terus berupaya agar para peserta KB di Jawa Barat benar-benar menjadi peserta KB Lestari.

    “Kalau memang alat kontrasepsi non-MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang), misalnya suntik atau pil kurang, datanglah ke bidan-bidan swasta, dokter, Puskesmas atau rumah sakit. Gantilah KB suntik itu dengan MKJP, misalnya IUD atau Implant. Itu kan banyak tersedia. Atau ber-KB secara mandiri. Kita upayakan agar peserta KB tidak drop out (DO),” kata Sugilar, usai menghadiri peringatan HUT ke-53 BKOW Jawa Barat di Gedung Graha Wanita, Jalan LLRE Martadinata Nomor 84, Kota Bandung kepada wartawan, Selasa (27/10).

    Selain terus berupaya menakan angka DO peserta KB, pihaknya juga terus berupaya untuk menjaring pasangan usia subur agar mau ber-KB. Strateginya, katanya, pihaknya melakukan pendataan. Setelah itu, akan memberikan penyuluhan dan motivasi, bahwa betapa pentingnya menjadi akseptor KB.

    “Penyuluhan dilakukan secara terus menerus ke berbagai tingkatan keluarga. Kita melakukan pendekatan ke BKOW. BKOW kan unit organisasi-organisasi wanita. Mudah-mudahan melalui organisasi wanita ini, pesan kita tentang pentingnya ber-KB sampai ke para anggotanya,” katanya.

    Persoalan KB, menurut Sugilar, bukan hanya sekedar menyetop kelahiran, tapi bagaimana sebenarnya mengatur kelahiran itu dengan kesejahteraan keluarganya. Jarak kelahitan itu agar diatur sedemikian rupa. Jangan terlalu banyak melahirkan. Jangan terlalu muda melahirkan, jangan terlalu tua untuk melahirkan atau jangan terlalu pendek jarak melahirkan. Itu yang diharapkan.

    “Terlalu banyak anak, tapi tidak berkualitas, itu tidak kita harapkan. Dua anak cukup,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus