Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bea Cukai Bandung Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14600.jpg

    BANDUNG–Direktorat Jendral Bea Cukai (DJBC) Bandung berhasil menggagalkan penylenyundupan benih lobster sebanyak 30 ribu ekor.

    Penggagalan penyelundupan benih lobster itu dilakukan di Bandaran Husein Sastranegara Bandung pada tanggal 16 Oktober lalu.

    Direktur Bidang Penindakan dan Penyidikan Dirjen Bea dan Cukai Harry Mulya mengatakan, penggagalan itu berdasarkan penyelidikan dan kecurigaan bagasi milik penumpang WNI tujuan Singapura.

    “Awalnya kita sudah melakukan investigasi atas kecurigaan 6 buah kopor travel milik 3 penumpang WNI jurusan Bandung-Singapur. Setelah kita lakukan pemeriksaan ternyata terbukti di dalamnya terdapat puluhan ribu benih lobster yang akan diselundupkan lewat Singapura ke Vietnam” ujarnya pada jumpa pers di kantor bea cukai Bandung, Rabu (28/10).

    Manurut Harry Mulya, berdasarkan Peraturan Menteri Perikanan dan Kelautan PM No 1 tahun 2015, lobster, rajungan dan kepiting termasuk yang dilarang ditangkap saat ini.

    “Payung hukumnya adalah peraturan menteri kalautan dan perikanan itu. Jadi, lobster, kepiting dan rajungan sekarang dilarang ditangkap apalagi diperjualbelikan. Peraturan itu keluar untuk melindungi hasil laut jenis itu dari eksploitasi berlebihan”, katanya.

    Barang bukti lobster itu saat ini sudah dilepaskan kembali ke perairan Pelabuhan Ratu Sukabumi, sedangkan ketiga tersangka WNI sudah ditahan pihak berwajib. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus