Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemerintah Buka Transparansi Kenaikan Upah Pekerja

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14617.jpg

    BANDUNG- Pemerintah di bidang pengupahan sudah menerbitkan regulasi baru tentang pengupahan.Regulasi yang diterbitkan terbaru yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Penetapan Upah. Kehadiran Peraturan tersebut, dinilai membuka ruang transparansi dalam penetapan upah.

    Hal demikian, diungkapkan Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar, Yomanius Untung dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id, Rabu sore (28/10).
    Untung, lebih lanjut mengatakan dalam PP baru soal penetapan upah , besaran upah di seluruh daerah di Indonesia dibuat dengan menghitung formulasi inflasi dan pertumbuhan ekonomi.Jika inflasi saat ini sebesar 4,5 persen dan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,7 persen maka kenaikan upah di tahun 2016 merata di seluruh daerah sebesar 11,2 persen.

    Jadi penetapan upah sudah ada transparansi dan ada jaminan kepastian dengan volume besaran upah di tahun 2016 sebesar upah di tahun 2015
    ditambah kenaikan 11,2 persen.Dengan formulasi tersebut, dalam hitungan 5 tahun ke depan, ada jaminan kepastian upah setiap tahun akan naik dengan besaran disesuaikan dengan kondisi inflasi dan kondisi pertumbuhan ekonomi.

    Formulasi penetapan upah dengan PP baru, ujar Untung juga membawa dampak positif yaitu mendorong daerah yang belum mencapai KHL untuk
    beberapa tahun mendatang bisa mencapai KHL 100 persen. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus