Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Melalui Pelatihan, UKM Siap Hadapi MEA

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14636.jpg
    ilustrasi : Salah satu IKM di Kota Cimahi

    CIMAHI-Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi memfasilitasi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) agar siap memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan dimulai akhir Desember 2015.

    “Untuk menyiapkan pelaku UKM memasuki MEA, kami melakukan sejumlah langkah strategis. Diantaranya memfasilitasi peningkatan produk, mempermudah perijinan, memberikan pelatihan kewirausahaan dan membantu sarana promosi dan pemasaran,” kata Kepala Bidang Koperasi UMKM Diskopindagtan Kota Cimahi, Euis Djuliati kepada wartawan.

    Euis Djuliati mengungkapkan, saat ini di seluruh wilayah Kota Cimahi terdapat kurang lebih 3.000 UKM terdiri dari kuliner, kerajinan, fashion dan telematika atau animasi.

    “Agar produk UKM Cimahi bisa berjaya di pasar bebas Asean atau MEA, harus menjaga kuantitas dan kualitasnya. Untuk itu, pembekalan berupa pelatihan kepada pelaku UKM harus kita lakukan,” katanya.

    Untuk menjaga kualitas produk agar bisa bersaing, lanjut Euis, pihaknya memfasilitasi pelatihan pengemasan produk dan pengujian laboratorium produk yang dihasilkan oleh UKM. Selain diberi pelatihan pengemasan, para pelaku UKM juga dibawa langsung ke Pusat Pengemasan di Bandung.

    “Dengan begitu, mereka jadi tahu cara pengemasan produk yang baik dan menarik,” katanya. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus