Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher : Hari Dharma Karyadhika, Momentum Tingkatkan Sadar Hukum

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14644.jpg

    BANDUNG–Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), mengungkapkan, bahwa Hari Dharma Karyadhika yang juga merupakan Hari Jadi Kemenkumham ke-70 diharapkan menjadi momentum untuk lebih menghadirkan peran Kemenkumham di tengah-tengah masyarakat, utamanya di Jawa Barat, yang multi-tupoksi menyelesaikan permasalahan seputar hukum dan HAM di hulu dan hilirnya.

    Ini diungkapkan Aher usai bertindak selaku Inspektur Upacara pada peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2015, di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Barat, Jalan Jakarta Nomor 27 Bandung, Jum’at (30/10).
     
    Aher memaparkan, cakupan tugas Kemenkumham sangat luas, mulai dari penyusunan hukum, sosialisasi, hingga pelaksanaan dan penegakkan hukum. Belum lagi penyusunan peraturan daerah (perda) dan pembangunan desa-desa sadar hukum.

    Menurut Aher, hukum adalah aturan yang berlaku bagi seluruh masyarakat, dan hukum tidak berarti setiap pelanggaran selalu berakhir dengan penjara. Aher menuturkan, setiap hal kecil seperti taat membayar pajak, tidak membuang sampah sembarangan, atau menjaga lingkungan tetap asri, merupakan tindakan yang mencerminkan sadar hukum. 

    “Sadar hukum itu adalah bagaimana kita mentaati aturan yang ada, membangun aturan untuk sebuah keteraturan masyarakat kita," ujar Aher. 

    “Ketika bayar pajak tepat waktu, ketika tidak merusak hutan lindung, ketika tidak membuang sampah ke sungai, itu termasuk tindakan sadar hukum dan itu yang kita harapkan," sambungnya.

    Hadir Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar I Wayan Sukerta, dan para kepala divisi dan pejabat struktural di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jabar

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus