Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kasus Kesehatan Gigi dan Mulut Jabar Lebihi Nasional

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14689.jpg
    Ilustrasi

    BANDUNG- Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, presentase permasalahan gigi dan mulut di Jawa Barat mencapai 28 persen atau lebih tinggi dari persentase angka nasional sebesar 25,9 persen.

    Padahal, keterjangkauan atau kemampuan untuk mendapatkan pelayanan dari tenaga medis gigi/ EMD (effective medical demand) di Jabar adalah 9,4 persen, sedikit melebihi angka nasional sebesar 8,1 persen.

    Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Padjadjaran, Nina Djustiana, masih rendahnya effective demand terhadap perawatan gigi dan mulut akibat masih rendahnya tingkat kesadaran masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut serta masih rendahnya kemampuan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari tenaga kesehatan gigi dan mulut.

    “Masyarakat saat ini masih belum sadar akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut, mereka juga sulit jika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan,” ucap Nina, di Aula FKG Unpad, Jl. Sekeloa Selatan No 1, Senin (02/11).

    Nina mengatakan, upaya yang harus dilakukan untuk menekang angka kasus gigi dan mulut di Jabar salah satunya dengan memberikan pembelajaran kepada masyarakat bagaimana cara yang baik dalam menjaga kesehatan gigi.

    “Secara sederhana, upaya yang dapat dilakukan kepada masyarakat melalui edukasi pola menyikat gigi yang benar, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur,” ujarnya.

    Nina berharap, moment Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang berlangsung setiap bulan November setiap tahunnnya, bisa meningkatkan kesadaran masyarakat Jabar untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

    “BKGN dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, agar senantiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut,” katanya. (Parno)   

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus