Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pasanggiri, Cara Jabar Fasilitasi Seniman Untuk Berkarya

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14741.jpg

    TASIKMALAYAKOTA – Para seniman musik, tari, dan teater yang ada di Jawa Barat kini dapat menyalurkan kreatifitas dan bakatnya dalam berseni dan menghasilkan sebuah karya. Pasanggiri atau bisa disebut juga sebagai sayembara ini, digelar di 5 daerah yang mewakili seluruh kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat, yaitu wilayah Bogor, Karawang, Bandung, Cirebon, dan Tasikmalaya.

    Dalam gelaran pasanggiri ini, para seniman musik, tari, dan teater dari seluruh kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat, bisa ikut serta dalam menampilkan karyanya untuk dipilih sebagai yang terbaik.

    Saat meninjau gelaran Pasanggiri di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, pada Kamis malam (5/11/2015), Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, bahwa Pasanggiri ini sebagai cara pemerintah provinsi dalam memfasilitasi para seniman yang ada di Jawa Barat untuk berkarya.

    “Kalau ga ada begini (pasanggiri),  para seniman mau main dimana? Kita hanya memfasilitasi, ga mau nyari bibit pun ga apa-apa. Yang penting kita fasilitasi,” ujar Deddy saat ditanya wartawan mengenai tujuan digelarnya pasanggiri ini.

    Deddy Mizwar pun mengatakan, kegiatan pasanggiri ini digelar untuk merangsang setiap kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat agar bisa membangun gedung kesenian yang representatif. “Saya kira dengan begini nanti muncul apresiasi dari masyarakat. Muncul juga bagaimana setiap kabupaten/kota membangun gedung kesenian dengan baik, jadi kebutuhan,” tambah Deddy.

    Saat ini masih banyak masyarakat yang belum melihat seni dan budaya sebagai identitas dan sumber ekonomi. Untuk itu, Deddy menambahkan pihaknya berupaya untuk merangsang masyarakat, khususnya generasi muda dalam mengembangkan kreatifitas seni dan berbudaya melalui pasanggiri secara kontinu atau terus-menerus.

    “Masih banyak yang belum menyadari pentingnya seni dan budaya sebagai identity, sebagai ekonomi kreatif. Makanya kita stimulus ini dan ternyata banyak anak-anak muda, para pelakunya berminat mengembangkan seni dan budaya yang selama ini ga ketahuan,” pungkas Deddy.

    Kegiatan Pasanggiri Seni Musik, Tari, dan Teater si Badan Koordinasi Pemerintahan & Pembangunan (BKPP) Wilayah IV Priangan I Jawa Barat digelar dari tanggal 4 - 6 November 2015 di Gd. Kesenian Dadaha Kota Tasikmalaya.

    Pasanggiri untuk yang pertama kalinya digelar ini menghadikran ernagai kreasi seni musik, tari, dan teater dari kabupaten/kota BKPP Wilayah IV Priangan I, yaitu Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten & Kota Tasikmalaya, Kabupaten & Kota Banjar, serta Kabupaten Pangandaran.

    Selanjutnya akan digelar Pasanggiri untuk BKPP Wilayah I Bogor, Wilayah II Purwakarta, Wilayah III Cirebon, dan Wilayah IV Priangan II.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus