Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Forum KKG dan USAID PRIORITAS Gelar Pelatihan Peningkatan Mutu

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14786.jpg

    KUNINGANKAB – Komitmen Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga melalui forum Kelompok Kerja Guru (KKG) Kab. Kuningan yang bekerjasama dengan USAID PRIORITAS dalam menyebarluaskan program pelatihan di tingkat sekolah dasar begitu tinggi.

    Hal ini terbukti dengan diadakannya pelatihan peningkatan mutu bagi guru melalui replikasi pelatihan Modul 1 pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan di Kec. Lebakwangi dan Kec. Jalaksana, Selasa, (10/11). 

    Pelatihan yang diselenggarakan selama tiga hari selama di bulan November itu melibatkan 41 sekolah dasar dengan keterlibatan peserta mencapai 275 peserta dari unsur guru dan kepala sekolah.

    ”Guru - guru SD perlu untuk diupgrade terus ilmunya melalui pelatihan – pelatihan, saya melihat  pelatihan yang dilaksanakan oleh USAID PRIORITAS ini berbeda, semuanya aktif, melalui pelatihan ini tentu akan meningkatkan mutu guru, sehingga proses belajar mengajar di SD – SD khususnya di Kab. Kuningan akan semakin baik dengan mengedepankan model pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, dan saya melihat di pelatihan kali ini ada praktik mengajar di hari terakhir, sehingga peserta pelatihan langsung mempraktikkan apa yang telah diperoleh melalui pelatihan tersebut ’’ jelas Uu Sukyadi, S.Pd., M.M, Kepala UPTD Pendidikan Kec. Jalaksana, disela – sela membuka acara kegiatan di SDN 1 Maniskidul (10/11).

    Selain pembelajaran yang lebih mengedepankan keaktifan siswa, tentunya pembelajaran PAKEM yang akan diterapkan di Sekolah Dasar tersebut menjadi lebih menyenangkan dan berkualitas dengan adanya hasil pajangan sebagai sumber belajar yang akan ditempel di dinding ruang kelas.
     
    Ditemui ditempat yang sama, Drs. A. Faojan salah seoarang fasilitator daerah, ke depan nanti sekolah – sekolah yang telah dilatih ini bisa berkunjung ke sekolah – sekolah binaan USAID PRIORITAS yang ada di Kec. Cilimus dan Kec. Garawangi, tidak perlu jauh – jauh ke Kabupaten/Kota lain.

    ”Apalagi saat ini USAID PRIORITAS telah mengembangkan program budaya baca di setiap sekolah mitra, dan tambah kuat setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengembangkan program wajib baca sebelum belajar selama 15 menit” ujar Faojan.

    Di tempat terpisah, ketua forum KKG Kab. Kuningan, Undang, S.Pd menyampaikan bahwa saat ini guru – guru harus terus mengasah keterampilan mengajarnya ”Tentu dengan adanya kegiatan ini, sangat membantu guru – guru dalam mengembangkan karir dan skil praktek mengajar di kelas, selain menghasilkan sumber belajar yang produktif setiap hari di kelas, guru – guru tersebut dituntut untuk selalu mempersiapkan persiapan praktek mengajar yang prima, prima disini adalah harus menyiapkan RPP, lembar kerja dan penilaian dengan baik, sehingga ketika mengajar nanti akan benar – benar siap menghadapi siswa’’ ungkapnya.  

    Terpisah, Kasie TK/SD, Emup Muplihudin, S.Pd menyampaikan bahwa “ kegiatan ini merupakan sejalan beriringan dengan program pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), dengan program tersebut guru – guru harus ditingkatkan keprofesiannya” ujar Emup. 

    Ke depan, menurut Ahmad Syaiful Bahri, District Coordinator Kab. Kuningan, program diseminasi ini terbuka bagi sekolah – sekolah non mitra USAID PRIORITAS, ”Program diseminasi ini terbuka bagi semua sekolah non mitra, sehingga manfaat program bisa dirasakan oleh semua sekolah, dan bagi yang berminat mengadakan pelatihan tersebut bisa menghubungi kami” pungkasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus