Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Telkom Bina Pemasaran UMKM

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14894.jpg

    BANDUNG - Telkom Regional III Jabar, sebagai BUMN Merah Putih, memiliki tanggung jawab moral untuk berperan serta memajukan perekonomian Indonesia sesuai dengan core bisnisnya.

    Dalam hal ini, Telkom Regional III Jabar telah membina sebanyak 1.600 UMKM dalam rangka meningkatkan awareness pelaku UMKM terhadap teknologi informasi (TI) dan mendorongdigital society, terutama di kalangan pelaku UMKM.

    Kepala Telkom Regional III Jawa Barat Suparwiyanto mengemukakan, melalui program corporate social responsibility (CSR), Telkom Regional III telah mengucurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar Rp 55 Milyar selama tahun 2015.

    Berdasarkan sebarannya, jumlah UMKM yang telah menjadi binaan Telkom Regional III, yakni Bandung 336 mita, Cirebon  135, Tasikmalaya 338, Sukabumi 711 dan  Karawang 166 unit.

    "Telkom Regional III menilai peningkatan TI di kalangan UMKM menjadi sangat penting untuk meningkatkan daya saing, terutama untuk menembus pasar global. Apalagi, diakhir 2015 ini segera diberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). MEA, bisa menjadi tantangan para UMKM karena apabila tidak bisa bersaing, produk dalam negeri akan digeser keberadaan produk-produk dari Negara tetangga di ASEAN," katanya.

    Namun di sisi lain, MEA menjadi peluang untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM, khususnya di Jawa Barat, karena pasar akan semakin membesar. Untuk itulah, Telkom Regional III memandang sangat penting peningkatan TI UMKM, agar produk-produknya semakin mudah menembus pasar Negara-negara di ASEAN pasca-pemberlakuan MEA nanti.

    Salah satu program yang telah dilakukan Telkom Regional III untuk meningkatkan TI UMKM, adalah dengan membangun Kampung Digital. Hingga saat ini, Telkom Regional III Jabar telah membangun sebanyak 2 (dua) kampung digital, yakni Kampung Digital Kaos Skoci Bandung dan  Kampung Digital Batik Trusmi Cirebon. Tiga kampung digital lainya akan selesai akhir tahun ini yaitu ; Padepokan Bah Coet Sukabumi, Kampung Rajapolah Tasikmalaya dan Kampung Keramik Plered. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus