Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Regulasi Baru, Ormas Di Jabar Akan Lebih Profesional

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14900.jpg

    BANDUNG-Pemprov. Jabar bersama DPRD Jabar kini tengah mempersiapkan terbitnya regulasi baru yang akan mengatur soal Ormas. Regulasi baru sekarang masih dalam tahapan usulan Raperda menjadi Perda, yang dijadwalkan dapat terbit menjadi Perda pada akhir tahun 2015.
     
    Regulasi baru berupa Perda yang disiapkan adalah Perda yang mampu menghadirkan peran Ormas secara professional, papar Kepala Badan Kesbangpol Jabar, Agus Hanafi dalam keterangannya kepada wartawan, Jum’at (20/11)
     
    Agus, lebih lanjut memaparkan dengan diterbitkannya Perda baru yang akan mengatur Ormas, tidak akan mengurangi atau membatasi jumlah Ormas. Kehadiran Perda tentang Ormas, merupakan payuung hukum untuk membangun kemitraan antara Ormas dan Pemprov. Jabar.
     
    Dengan dibangunnya kemitraan antara Ormas dan pemerintah di daerah, Ormas dapat berpartisipasi secara positif dalam mengisi pembangunan di Jabar. Implikasi atas hal tersebut, Ormas dituntut untuk bisa mandiri dan  profesional sesuai bidang kerjanya.


    Di Jabar, saat ini jumlah Ormas yang terdaftar sebanyak 1. 300 Ormas. Dari jumlah tersebut, dari sisi bidang yang digarap, ada yang bergerak di bidang sosial, budaya dan kemasyarakatan.

    Ormas, sesuai dengan tuntutan untuk mandiri dan professional, hal yang harus menjadi perhatian diantaranya pembenahan kelembagaan dan SDM.

    Hal lain yang harus menjadi perhatian untuk Ormas , ujar Agus dasar hukum dan badan hukum Ormas harus  jelas termasuk alamat kantor dari Ormas juga harus jelas yang disampaikan 6 bulan sekali laporan tersebut kepada pihak pemerintah. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus