Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Venue PON Di Pangandaran Siap Digunakan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15093.jpg

    PANGANDARAN-Venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Kabupaten Pangandaran relatif sudah siap digunakan.

    Dua arena lokasi yakni terjun payung di Nusawiru dan pacuan kuda Legok Jawa, keduanya pada Desember 2015 nanti maka masing-masing diproyeksikan siap 100 persen dan 90 persen.

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan pembangunan pacuan kuda sudah hampir 80 persen per awal Desember ini dan diharapkan mendekati 90 persen per akhir bulan ini.

    "Rencana tanggal 27 Desember ini malah akan ada kualifikasi PON pacuan kuda. Sebab, untuk pacuan sendiri sudah bisa diselesaikan dalam 20 hari ke depan, sisanya pembangunan sarana prasana akan kami selesaikan tahun depan," katanya setelah mengunjungi Pacuan Kuda Legokjawa, Selasa (1/12).

    Penjabat Bupati Pangandaran Daud Ahmad mengatakan arena tersebut berkualifikasi internasional karena lahannya saja mencapai 11,5 hektar.

    "Dalam pembangunannya kami bahkan harus ledakkan dua bukit kapur yang menghalangi lintasan. Setelah lintasan selesai, kami targetkan perbaikan jalan ke arena mulai awal tahun depan. Demikian juga pembangunan tribun penonton dan istal kuda," ungkapnya.

    Aher mengatakan pembangunan pacuan senilai Rp 20 miliar ini bisa makin cepat jika proses penganggaran selesai. Saat ini ketok palu APBD 2016 sudah selesai di Pemprov Jawa Barat namun belum disyahkan Pemkab Pangandaran, sehingga masih memerlukan penyesuaian anggaran.

    "Kami akan percepat ini dengan cara meminta pendapat LKPP dan BPKP guna mensiasati situasi tadi. Semoga diperbolehkan Pangandaran gunakan dulu dana dari provinsi yang sudah disyahkan," sambungnya.

    "Pokoknya kami targetkan agar selambatnya 30 Juni bukan hanya arena siap, tapi sarana pendukung sudah siap. Misal kawasan wisata sebelah samping arena, itu juga disiapkan agar beres PON, kawasan ini tetap ramai," ujarnya.

    Sementara itu, venue terjung payung di Nusawiru bahkan ditargetkan sudah beres 100% pada akhir bulan ini. Sebab, perbaikan hanya bersifat menyempurnakan sarana prasana semata.

    "Tempat landasan masih ada, tidak akan banyak perubahan. Paling hanya kanan kiri diperbaiki, tidak terlalu banyak aktivitas," ungkapnya.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus