Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    PD GPMB Jawa Barat Gelar Musda

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15127.jpg

    BANDUNG- Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Jawa Barat menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di Aula Lantai 4 Gedung Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Provinsi Jawa Barat, Jalan Kawaluyaan Indah II Nomor 4, Kota Bandung, Kamis (3/12).

    Musda yang dihadiri oleh Ketua Umum PP GPMB Drs.H. Bambang Supriyo Utomo, M. LIB itu, dibuka oleh Kepala Bapusipda Provinsi Jawa Barat, Hj. Tati Iriani, SH, MM. Musda dihadiri oleh pengurus PD GPMB Provinsi Jawa Barat, Ketua PD GPMB Kabupaten/Kota, kepala badan/kantor perpustakaan umum kabupaten/kota se-Jawa Barat, praktisi perpustakaan, pemerhati pembudayaan kegemaran membaca, pustakawan, akademisi, pengelola perpustakaan perguruan tinggi, pengelola perpustakaan khusus, pengelola perpustakaan sekolah, pengelola perpustakaan desa, IKAPI Jawa Barat dan komunitas membaca.

    Menurut Ketua PD GPMB Provinsi Jawa Barat Periode 2010-2014, Dr.Hj. Oom Nurrohmah, MSi, Musda digelar untuk membentuk pengurus baru dan menyusun program kerja PD GPMB periode 2015-2019.

    “Musda PD GPMB kali ini mengambil tema Membangun Budaya Baca, Membangun Fondasi Bangsa,” katanya.

    Hj. Oom menjelaskan, GPMB merupakan organisasi kemasyarakatan yang memiliki legalitas formal dan jaringan kelembagaan secara nasional. Gerakan ini didirikan di Istana Bogor pada tanggal 25 Oktober 2001. Kemudian pada tanggal 19 Februari 2010 telah dibentuk PD GPMB Jawa Barat Periode 2010-2014, bertempat di Gedung Landmark, Kota Bandung. Dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Pusat GPMB berdasarkan Keputusan Ketua Umum PP GPMB Nomor 09/I/GPMB/SK/II 2010 tanggal 9 Februari 2010.

    Kemudian berdasarkan hasil seminar ilmiah nasional dan musyawarah nasional V tanggal 2 sampai dengan tanggal 5 September 2015 tempat Hotel Inn Garuda di Jogyakarta. Dari amanat Munas yang cukup luas dan kompleks semua sepakat mengambil kebijakan dan lebih focus ke kegiatan. Diantaranya merevitalisasi organisasi yang ada, konsolidasi organisasi, melakukan kerjasama dengan instansi terkait, dengan konsep mutualisme syimbiosis.

    “Dalam kondisi keterbatasan yang ada, sehubungan belum adanya anggaran biaya sama sekali, juga dana organisasi belum memiliki sumber tetap yang bisa diandalkan, kami PD GPMB Jabar tetap semangat untuk senantiasa berdikari dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan melalui optimalisasi kerja sama multi stakeholder, terutama dengan Bapusipda Provinsi Jawa Barat,” katanya.

    Kegiatan yang dilakukan dalam kerja sama dengan Bapusipda Provinsi Jawa Barat adalah meningkatkan promosi dan kampanye pembudayaan kegemaran membaca melalui berbagai media.

    Selain itu, PD GPMB Jabar  Periode 2010-2014 juga melakukan kerja sama dengan organisasi profesi IPI Jabar, Forum TBM, MLI, Mapusta, APDK, IKAPI, perguruan tinggi dan pemangku kepentingan lainnya untuk menggelar berbagai kegiatan. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus