Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Giatkan Kampanye Cegah AIDS

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15150.jpg

    BANDUNG–Dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) mengatakan, Kasus HIV (Human Immunodeficiency – Immune Virus), dan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome), di Indonesia sering terjadi pada penduduk usia produktif bahkan remaja. Dan saat ini terdapat sekitar 60 juta penduduk muda usia 15 – 24 tahun yang rentan pada kasus tersebut.

    HIV sendiri adalah Virus yang menyerang system kekebalan tubuh manusia. Sehingga kemampuan tubuh untuk melawan berbagai penyakit akan berkurang. Sementara AIDS merupakan suatu kumpulan gejala penyakit akibat berkurangnya kekebalan tubuh yang disebabkan HIV. Virus yang membuat seorang dapat mati perlahan ini menular dengan media cairan tubuh, yang ditularkan melalui darah, cairan sperma, cairan vagina, dan air susu ibu (ASI).

    Maka, khawatir akan penyebaran HIV/AIDS yang beresiko  sangat tinggi ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas kesehatan Provinsi Jawa Barat mencoba menyegarkan kembali pengetahuan masyarakat mengenai virus HIV dan AIDS. Ini dilakukan dengan mengkampanyekan bahaya HIV/AIDS melalui program Aku Bangga Aku Tahu (ABAT). Kampanye juga dilakukan bersamaan dengan peringatan hari AIDS se-dunia 2015, bertempat
    di area Car Free Day (CFD) Dago, Minggu (6/12) kota Bandung. Setelah masyarakat berkumpul, berbagai informasi serta pengetahuan tentang HIV/AIDS pun segera disampaikan dengan jelas.

    Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, dengan penuh semangat hadir di tengah masyarakat Jawa Barat mengkampanyekan gerakan ABAT. Menurut deddy, dengan gerakan ABAT semua orang perlu mengetahui apa itu HIV/AIDS dan berbagai informasi tentangnya. Sehingga dengan bekal pengetahuan tersebut, seseorang dapat terhindar dari penyebaran virus yang belum diketahui obatnya itu. Pada poin itulah upaya pencegahan dilakukan.

    “HIV/AIDS ini harus diketahui oleh banyak orang. Apa itu HIV/AIDS, bagaimana orang menderita HIV/AIDS, sehingga kita bisa terhindar dari HIV/AIDS itu sendiri. Jadi pertama, HIV/AIDS ini penderitanya saat ini di Jawa Barat khususnya, itu menduduki rangking ke-3 di Indonesia. Jadi ada sekitar 6165 orang yang terdeteksi itu mengidap HIV/AIDS. Belum lagi yang tidak diketahui. Artinya mereka berkeliaran di sekeliling kita. Maka bagaimana penyebaran HIV/AIDS, kalau kita tau mengenai itu, kita bisa menghindarinya," paparnya.

    Turut dampingi Kampanye, Istri Wakil Gubernur Jawa Barat Giselawati Mizwar, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Alma Lucyati.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus