Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sungai Tercemar Mengandung Racun

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15160.jpg
    Ilustrasi-foto : jabarprov.go.id

    BANDUNG-Sungai Citarum yang merupakan sungai utama di kawasan Cekungan Bandung, saat ini kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan akibat banyaknya limbah, baik limbah industri maupun rumah tangga yang dibuang ke sungai tersebut.

    Menurut Ketua Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat/ Dadan Ramdan/, berdasarkan hasil pantauan ke lapangan, industi yang membuang limbahnya ke sungai Citarum  berasal dari kota dan kabupaten yang berada dari wilayah Bandung Raya.

    “Pencemaran air dan tanah dari limbah-limbah industri, penyumbang limbah ini berasal dari Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi dari Kota Bandung dan dari Kabupaten Bandung Barat,” ujarnya.

    Dadan menyatakan, selain mencemari sungai Citarum, akibat pencemaran ini juga dapat membahayakan manusia, baik yang bersentuhan langsung maupun yang tidak.

    “Ini berbahaya bagi kesehatan karena bagi warga yang memanfaatkan air untuk keperluan rumah tangga mapun pertanianmaka sudah jelas airnya maupun tanahnya, hasil produksi dari sawah maupun ikan itu pasti mengandung racun,” tuturnya. (Parno)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus