Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    3 Syarat Hadirkan Industri Kreatif Ala Aher

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15177.jpg

    KOTA BANDUNG - Ekonomi atau industri kreatif saat ini terus berkembang seiring dengan terbukanya berbagai peluang usaha dan kreatifitas di masyarakat. Dan untuk menghadirkan industri ini ada berbagai langkah atau cara, yang dapat lebih menghidupkan kembali industri dan kreatifitas secara berkesinambunagn di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, sehingga akan meningkatkan denyut nadi ekonomi masyarakat.

    Dalam acara Diskusi Akhir Tahun dengan tema "Kebangkitan Industri Kreatif Jawa Barat Menuju Kancah Internasional" di Hotel Horison, Jl. Pelajar Pejuang Kota Bandung, pada Selasa (8/12), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengungkapkan, ada 3 syarat untuk menghadirkan industri kreatif agar lebih maju dan berkembang.

    "Untuk mengembangkan industri ada syaratnya. Pertama, pendidikan yang berkulitas, kedua penguasaan teknologi yang lebih baik, dan ketiga ada modal yang relatif mudah dan kuat. Itu 3 syarat untuk menghadirkan industri kreatif," ungkap Aher dalam sambutannya.

    Dia menjelaskan, melalui pendidikan yang kuat akan hadir produktifitas yang terus berkembang, sehingga akan menghadirkan kreatifitas dalam hal pengeloaan industri mulai dari hulu hingga hilirnya.

    Selain itu, menurut Aher dengan sentuhan kreatifitas dan teknologi industri kreatif ini bisa menjadi industri paling mutakhir. Seperti industri softwate, animasi, juga fashion yang menurutnya perkembangan industri tersebut di Jawa Barat khususnya di Bandung dan Cimahi sudah lebih unggul dibanding daerah lainnya di Indonesia.

    "Coba lihat sekarang, dimanapun Pilkada di Indonesia, itu kausnya dari Bandung. Band musik papan atas apapun, itu orang Bandung. Kita ingin pertahankan ini," katanya, seraya mengatakan pihaknya awal tahun depan ingin membangun gedung kesenian semegah Music Hall di Melbourne, Australia.

    Untuk itu, pada kesempatan ini Aher pun mengajak masyarakat serta semua pemangku kepentingan untuk mengembangkan industri kreatif secara khusus, karena menurutnya hal tersebut akan melipatgandakan perekonomian.

    Acara diskusi ini digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pokja Gedung Sate bekerjasama dengan Humas Pemprov Jawa Barat. Kepala Biro Humas Protokol dan Umum (HPU) Setda Provinsi Jawa Barat R. Ruddy Gandakusumah mengatakan, tujuan acara ini untuk medorong kesiapan masyarakat serta para pengusaha dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kreatifitas, terutama jelang PON dan Peparnas 2016 di Jawa Barat.

    "Tujuannya, pertama untuk mendorong kesiapan pengusaha dan masyarakat dalam rangka meningkatkan perekonomian dan industri kreatif menyongsong PON dan Peparnas. Kedua, agar adanya sinergitas antara pengusaha, akademisi, pemerintah, serta pihak terkait lainnya. Dan ketiga, agar ada keberpihakan kepada para pengusaha terutama para pelaku ekonomi kreatif," papar Ruddy dalam sambutannya.

    Turut hadir sebagai narasumber pada acara diskusi ini Deputi Bidang Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif RI Hari Sungkari, Pembina dan Pakar Industri Ekonomi Kreatif Poppy Rufaidah, Ketua Umum HIPMI Jabar Jodi Janitra dan jajarannya, Anggota PWI Pokja Gedung Sate, serta para komunitas pelaku ekonomi kreatif di Jawa Barat.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus