Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hak Pilih di Pangandaran dan Tasikmalaya Diprediksi di Atas 60%

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15189.jpg

    BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat memprediksi kesadaran pemilih untuk menggunakan hak pilih di Kabupaten Pangandaran dan Tasikmalaya cukup tinggi.

    Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan dua hari pemantauan yang dilakukan pihaknya bersama tim dari Polda Jabar, Kodam III Siliwangi, KPU dan Bawaslu Jabar, hajat politik di dua daerah tersebut disambut antusias warga.

    “Pangandaran itu baru menggelar Pilkada pertama kali. Jadi warganya antusias, indikatornya dalam pantauan kami sejak pagi angka pemilih sudah 50%. Ini wajar karena mereka Daerah Otonomi Baru,” katanya Rabu (9/12/2015).

    Pangandaran menjadi lokasi pertama pemantauan tim Sekda Jabar. Menurutnya sejak H-1 situasi di lapangan terbilang kondusif dan aman. Malam sebelum pemilihan pihaknya menggelar pertemuan dengan Plt Bupati Pangandaran, Sekda Pangandaran dan jajaran Polres serta Kodim dan penyelenggara pemilukada.

    Tim paginya, kemudian memantau pemlihan suara di 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) sejak pukul 07.00 pagi. Iwa memastikan dari pantauan, warga sudah bersemangat menggunakan hak pilih sejak pagi. “Antusiasme tinggi. Ada TPS 3 di Kalipucang yang pukul 08.30 hampir 50% dari 564 pemilih sudah hadir,” paparnya.

    Selanjutnya tim bergerak ke Kabupaten Tasikmalaya yang memilih calon tunggal dalam pilkada kali ini. Menurutnya tempat pertama yang dikunjungi adalah Polres Tasikmalaya yang sudah menyediakan tempat pada 21 tahanan untuk menunaikan hak pilih. “Kami apresiasi karena tahanan tidak kehilangan hak pilih,” katanya.

    Kemudian pihaknya menggelar rapat dengan Plh Bupati Tasikmalaya sekaligus Sekda Tasikmalaya. Dari hasil evaluasi, Pemprov Jabar menilai penyelenggaraan di Tasikmalaya meskipun dinilai rawan telah berlangsung aman dan kondusif. “Berkat kesigapan dan kekompakan seluruh pihak. Bantuan keuangan dari provinsi juga cair sebelum hari H,” katanya.

    Iwa berharap meski terpantau kondusif, hingga akhir seluruh tahapan Pilkada di Tasikmalaya tidak terganggu. Dari hasil pemantauan di TPS di kabupaten tersebut, angka pemilih sudah di atas 61%, sementara dalam perhitungan pilihan ‘Setuju’ dan ‘Tidak Setuju’ masih relative seimbang.

    “Pantauan kami di Tasikmalaya memang belum mewakili keseluruhan TPS. Tapi di lapangan setidaknya partisipasi pemilih sudah di atas 60%, semoga hasil akhir yang dihitung KPU nanti jauh lebih tinggi,” ujarnya.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus