Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Diskanlut Prov. Jabar Tingkatkan Produksi Ikan Hasil Budidaya

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Poto-Ir.Ahmad-Hadadi,-MSi_.jpg

    Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat, Ir. Ahmad Hadadi, MSi mengungkapkan, di Jawa Barat terdapat 75.000 hektar tambak. Namun, dari tambak seluas itu, yang tergarap baru sekitar 40 persen.

    “Karena itu, dalam tahun 2011 ini, kami focus pada pengembangan budidaya ikan pada tambak. Tambak-tambak yang belum tergarap akan dioptimalkan untuk meningkatkan produksi ikan, udang dan rumput laut. Peningkatan produksi ikan melalui budidaya ini, disinergikan dengan program Kementrian Kelautan dan Perikanan,” kata Ahmad Hadadi, usai mengikuti Temu Koordinasi Pemantapan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Perikanan Budidaya yang digelar oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, di Hotel Golden Flower, Jalan Asia Afrika 15, Kota Bandung kepada wartawan, Rabu (12/1).

    Selain ikan bandeng, jenis ikan yang akan dikembangkan dalam tambak tersebut adalah ikan nila jenis Salin. Ikan nila jenis tersebut adalah ikan nila yang mempunyai toleransi terhadap pluktuasi kandungan garam, sehingga kalau terjadi kenaikan kandungan garam pada tambak, ikan tersebut tidak akan stress dan tidak akan mengalami pertumbuhan yang lamban.

    Dalam pengembangan ikan Nila Salin tersebut, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat dalam hal ini Balai Pengembangan Budidaya Ikan Air Payau dan Laut, Sungai Cibuntu, Kabupaten Karawang melakukan kerja sama dengan BPPT.

    Tahun 2010 lalu, menurut Ahmad Hadadi, produksi ikan dari hasil budidaya mencapai 570.000 ton. Tahun 2011 ditargetkan mencapai 700.000 ton.

    “Kami optimis bahwa tahun 2014 nanti, produksi ikan dari hasil budidaya di Jawa Barat akan mencapai 1,4 juta ton,” katanya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus