Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ruki : KPK Hingga Saat Ini Masih On The track

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15197.jpg

    BANDUNG-Upaya mencegah korupsi, sesuai UU No.30 Tahun 2002 diimplementasikan pada tiga aspek, yaitu : aspek manusia/individu, aspek budaya dan aspek sistem. Hal demikian dikemukakan Ketua KPK Sementara Taufiequrahman Ruki, saat memberikan sambutannya di Acara Hari Anti Korupsi Dunia, Kamis (10/12) di Gedung Sabuga Bandung.

    Menurut Ruki, aspek individu dan budaya, ditangani dengan pendidikan, sosialisasi dan kampanye anti korupsi. Dari ketiga aspek itu, maka aspek system merupakan hal yang paling penting.

    Aspek system diperbaiki sebagai upaya memperbaiki kebijakan, aturan dan/atau prosedur yang dianggap berpotensi korupsi. Perbaikan system dilakukan baik kepada suatu subsistem dalam setiap kementrian/lembaga ataupun pada sistem nasional, jelas  Ruki.

    KPK hingga saat ini masih on the track. Kami dalam bekerja berusaha semaksimal mungkin untuk senantiasa mengutamakan prinsip kehati-hatian, profesionalisme dan independensi. Dalam upaya penindakan, kami benar-benar melakukan analisa secara mendalam dan tidak gegabah, ujar  Ruki.

    KPK bekerja semata-mata hanya demi tegaknya hukum, kebenaran dan keadilan serta menyelematkan keuangan negara. Tidak ada dendam atau niatan jahat ataupun latarbelakang politik yang melatarbelakangi dalam memutuskan seseorang jadi tersangka, apalagi sangat tidak ada keinginan untuk "menghambat penyerapan anggaran pembangunan", ujar  Ruki.

    Taufik Ruki selaku Pimpinan KPK meminta kepada Pemerintah dan DPR serta siapapun yang masih berfikir untuk memberantas korupsi tanpa KPK atau dengan KPK yang lemah, sama saja dengan menggantang asap. "Daripada kita menghabiskan waktu dan energi kita untuk berdebat tentang amandemen Undang-Undang KPK dengan tujuan melemahkannya, mengapa tidak kita gunakan saja energi itu untuk melakukan review atas system disekeliling kita, serta melakukan introspeksi atas perilaku kita yang selama ini koruptif.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus