Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Produksi Ikan Budidaya Terus Digenjot

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Fadel-Muhammad.jpg

    Bandung – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan terus mendorong produksi perikanan dari perikanan budidaya tanpa mengesampingkan produksi perikanan tangkap laut dan sungai.

    Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhamad menyebutkan pertumbuhan produksi ikan dari sektro perikanan budidaya setiap tahunnya terus tumbuh pesat. Bahkan saat ini produksinya sudah diatas sedikit dari produksi ikan tangkapan.

    “Produksi perikanan tahun 2010 sebesar 10,83 juta ton. Sebanyak 5,48 juta ton merupakan hasil perikanan budidaya atau mencapai 50,55%.,” ujar dia di Bandung, Rabu (12/1).

    Fadel menyebutkan pertumbuhan produksi ikan dari sector budidaya sepanjang kurun waktu 2006 hingga 2010 mencapai 19,56%. Peningkatan budidaya perikanan dipicu dari  sektor budidaya rumput laut. Tahun ini KKP menargetkan produksi perikanan budidaya akan naik lagi hingga mencapai 6,85 juta ton. Tahun 2015 KKP menargetkan Indonesia sebagai negara yang memiliki produksi perikanan terbesar.

    Bahkan Fadel menyatakan dalam kurun waktu dua atau tiga tahun kedepan, produksi ikan diharapkan mampu menutupi kekurangan pasokan daging impor sapi. Menurut dia , impor daging sapi nantinya harus bisa digantikan dengan produksi perikanan.

    “Kalau kekurangan daging impor tidak perlu memaksakan diri, cukup diganti saja dengan makan ikan,” kata dia.

    Selain focus pada produksi, KKP juga akan mengamankan pasar ikan hasil budidaya agar harga ikan stabil dan tidak dipermainkan pengepul.

    “Kami juga akan memperhatikan pakan ikan dan juga melakukan riset-riset.”

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus