Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Perijinan Harus Disederhanakan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15295.jpg

    BANDUNG - Perijinan masih menjadi kendala dalam berusaha di Jabar. Demikian dikatakan Pengamat Hukum Ekonomi, Asep Warlan, dalam diskusi yang digelar Forum Diskusi Wartawan Ekonomi Bandung (FORDISWEB) di Sekretariat FORDISWEB, Jalan Beruang 2 Bandung, Rabu (16/12).

    Asep mengakui bahwa hingga kini, bagi dunia usaha dan ekonomi, perizinan masih menjadi sebuah kendala yang belum terpecahkan. Diutarakan, para pengembang kerap mengeluhkan perizinan.

    "Di antaranya, masalah jangka waktu perizinan. Kemudian, biaya perizinannya yang cukup tinggi. Belum lagi hal-hal lainnya, yang tidak tertutup kemungkinan, termasih cara-cara yang tidak normatif alias menggunakan jalur cepat," kata dia.

    Asep Warlan mengemukakan, melihat kondisi itu, pemerintahan, selaku pihak yang paling berkewenangan menerbitkan izin, mulai pusat, provinsi, hingga kota-kabupaten, satu di antaranya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, sudah mengoperasikan sistem pelayanan satu atap.

    Harapannya, adanya sistem pelayanan tersebut memudahkan proses perizinan, sekaligus memangkas biaya-biaya perizinan, yang dianggap kalangan pelaku usaha masih tinggi.

    "Yang perlu dilakukan pemerintah dalam meningkatkan perekonomian, berkaitan dengan aspek-aspek itu adalah meningkatkan sinergitas antardaerah dan melakukan pendepatan echo-region. Itu karena, sifat dunia usaha saat ini lintas wilayah," tutup Asep. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus