Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Arung Jeram, Olah Raga dan Melestarikan Sungai Bersih

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15438.jpg

    BANDUNGBARAT-Menurut Aher, Pemerintah Provinsi selalu mendukung olahraga berbasis alam seperti arung jeram dan dirgantara. Sebab, selain membentuk tubuh sehat kelestarian alam juga terjaga.

    "Bukan hanya olahraga, akan tetapi juga menjaga kelestarian sungai agar tetap bersih," ucapnya, seraya menghimbau masyarakat Jawa Barat, khususnya di bantaran sungai untuk selalu menjaga kualitas air sungai sebagai sumber kehidupan.

    Hal demikian dikemukakan Aher, saat membuka Kejuaraan Arung Jeram Tingkat Nasional, di Kampung Cisameng, Desa Rajamandala Kulon, Kec. Rajamandala, Kab. Bandung Barat, Sabtu (26/12) siang.

    Pemerintah Provinsi Jabar sudah melakukan upaya perbaikan saluran sungai dengan mengajak masyarakat lebih peduli dengan lingkungannya, misalnya mengajak peternak tidak membuang kotoran ternak ke sungai.

    "Di hulu Citarum kita ajak peternak mengembangkan Biogas Kotoran sapi, kemudian juga pengawasan Limbah Pabrik," ucapnya.  

    Dia mengungkapkan, 20 kilometer mulai hulu Citarum, Pemprov juga melakukan langkah pencegahan dengan memberi edukasi masyarakat dengan kandang ternak komunal sebagai bentuk penyadaran sungai bersih.

    "Masih banyak masyarakat yang hidup sehat tetapi tidak mementingkan kesehatan orang lain, perlu ada kesadaran masyarakat di hulu dan hilir," ucapnya.

    Tak hanya upaya edukasi, Aher mengatakan pemprov juga tak segan-segan mempidanakan pabrik yang secara sengaja membuang limbahnya ke sungai.

    "Pengusaha itu lebih berpendidikan seharusnya mereka lebih faham tentang lingkungan, makanya jika tetap nakal ya dipidanakan," tegasnya.

    Aher menjelaskan, saat pertama datang ke lokasi digelarnya kompetisi tersebut, kondisi sungai berbau dan keruh namun sejak digunakan olahraga air ini kondisi sungai jadi lebih bersih

    "Dua tahun lalu saya kesini buka kaca mobil saja baunya menyengat, saat ini lebih baik," ucapnya.

    Dia berharap dengan kompetisi ini bisa sekaligus mengajak masyarakat sekitar sungai, mulai hulu hingga hilir senantiasa menjaga kualitas air sungai. Juga, menyadarkan pecinta olahraga air untuk memberikan advokasi lingkungan kepada semua pihak.

    Selain itu, sambung dia, olahraga arung jeram yang biasanya berada di lokasi perkampungan membangkitkan perekonomian rakyat sekitar bantaran sungai.

    "Tentu akan membawa perkembangan ekonomi sekitar, akan tetapi harus dibarengi pemeliharaan lingkungan yang sehat agar wisatawan juga tertarik berkunjung," singkatnya.

    23 tim arung jeram dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur bertanding dalam empat kategori yakni Slalom, Driver River, Head To Head, dan Sprint memperebutkan uang pembinaan dan tropi Gubernur.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus