Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Biofarma Terima EPO dari LIPI

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15463.jpg

    BANDUNG – PT Bio Farma menerima hasil peneltian tentang bahan obat untuk penyakit darah dari LIPI.  Penyerahan itu dilakukan di kantor Hartitage Bio Farma Jl, Pasteur Bandung, Senin (28/12), yang langung dihadiri Kepala LIPI Iskandar Zulkarnaen dan Dirut PT Bio Farma, Iskandar disaksikan para pejabat dari kedua lembaga.

    “Ini peristiwa sejarah, karena untuk pertamakalinya peneliti LIPI membuat bahan baku obat  yang seterusna akan dikembangkan oleh Bio Farma. Selama ini Bio Farma sendiri mengimpor bahan baku dari luar negeri” ujar Dirut PT Bio Farma, Iskandar.

    Bahan baku itu dinamakan Erythopoetin (EPO) yang masih berupa Research Cell Bank (RCB) atau bahan setengah jadi.
    “Bahan hasil penelitian LIPI ini akan terus dikembangkan oleh Bio Farma, karena bisa disebut baru bahan setengah jadi. Bahan ini nantinya bermanfaat untuk terapi pada pasisen cuci darah, kemoterapi dan anemia” ujar Iskandar.

    Sementara itu, peneliti ahli dari LIPI yang melakukan peneilitian EPO, Adi Santos menejelaskan, EPO geransi kedua Darbepoitein Alfa memiliki beberapa keunggulan diantaranya waktu paruh yang lebih lama dari generasi pertamanya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus