Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Prospek Ketenagakerjaan Diprediksi Stagnan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15570.jpg

    BANDUNG-Kondisi ketenagakerjaan di Jabar di tahun 2016, diprediksi masih stagnan.

    Kondisinya akan terjadi seperti di tahun 2015. Hal demikian, dipaparkan Kadis Nakertrans Jabar, Hening Widiatmoko dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (6/1). 

    Menurut Hening, peluang peningkatan tenaga sangat ditentukan oleh Peta pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Jadi jika pertumbuhan ekonomi masih stagnan, peluang ketenagakerjaan juga akan stagnan pula.

    Di Jabar, sektor pekerjaan padat karya sudah tidak jadi andalan terutama di bagian barat. Agar tidak stagnan kondisi ketenagakerjaan,   di sebelah timur sektor industri padat karya perlu diperluas.Untuk kondisi  investor yang mau masuk ke Jabar diharapkan investor yang mau mendanai industri padat karya, bukan padat modal. Untuk menghindari agar sektor ketenagakerjaan tidak stagnan, diharapkan  ada kesadaran, yaitu peluang kerja jangan mengandalkan perusahaan berskala besar, sebaiknya optimalkan usaha kecil menengah.

    Hening, lebih lanjut mmemaparkan sektor yang bisa berpeluang menciptakan prospek kerja saat ini ada di sektor  pariwisata. Dengan demikian, peluang  kerja ada di bidang  jasa dan hotel. Namun, tantangan yang dihadapi banyaknya tenaga kontrak. Sementara untuk naker ke luar negeri, masih terbuka yaitu negara di luar wilayah ASEAN antara lain konstruksi di Negara Timur Tengah, tetapi kendalanya  masalah sertifikasi lamban dalam proses. Tenaga perawat juga masih terbuka untuk di Negara Timur Tengah dan Jepang. IT juga terbuka,yaitu di negara yang sudah berkembang  industri digital seperti Singapura .(Nr)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus