Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hijaukan Jabar, Perhutani Akan Bangun Kawasan Hutan Terintegrasi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15653.jpg

    BANDUNG - Perum Perhutani akan bekerjasama dengan Pemprov Jawa Barat untuk mengembangkan agroforestry di kawasan hutan yang ada di Jawa Barat. Hal ini terungkap dalam pertemuan antara Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dengan Dirut Perum Perhutani Mustoha Iskandar serta jajarannya di Gedung Pakuan, Jl. Otto Iskandardinata No. 1, Kota Bandung, Selasa pagi (12/1/16).
     
    Dari release Humas Jabar, Aher mengungkapkan program ini dilakukan sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan hutan dan Daerah Aliran Sungai (DAS).
     
    "Silaturahim sekaligus koordinasi terkait Jabar Hijau ke depan. Termasuk memberdayakan masyarakat kawasan DAS. Jadi kedepan kita akan merintis kerjasama agroforestry atau kawasan pemanfaatan kehutanan yang terintegrasi," jelas Aher.
     
    Aher menambahkan, nantinya masyarakat di sekitar kawasan DAS bisa memanfaatkan lahan yang ada seperti untuk bercocok tanam atau hal lainnya, sehingga langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya penyelamatan DAS itu sendiri agar tetap hijau.
     
    Sementara itu, Dirut Perum Perhutani Mustoha Iskandar mengatakan, saat ini banyak DAS yang perlu ditangani dengan baik. Untuk itu, program ini diharapkan bisa mencegah erosi kawasan hutan, khususnya DAS.
     
    "Dengan agroforestry ini diharapkan bisa menahan laju erosi, sehingga bisa menahan banjir di daerah-daerah hilir," kata Mustoha.
     
    Program ini pun tidak hanya akan diterapkan di kawasan milik Perhutani yang ada di Jawa Barat saja, namun Mustoha mengatakan agroforestry ini akan mencakup semua lahan Perhutani di seluruh Indonesia. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus