Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov. Jabar Siap Perbaiki KBU

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15691.jpg

    BANDUNG-Pemprov.Jabar, merespon harapan masyarakat untuk dilakukannya perbaikan di Kawasan Bandung Utara (KBU) terutama menyangkut perbaikan kondisi lingkungan hidup.

    Perbaikan tersebut, akan dilakukan seiring dengan dibuatnya Perda baru yaitu Raperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2008 tentang Pengendalian Pemanfaatan KBU. Penjelasan tersebut, diungkapkan Wagub Jabar, H. Deddy Mizwar dalam sidang paripurna yang berlangsung, Kamis (14/1).

    Menurut Wagub, sejalan dengan rencana tentang Pengendalian Pemanfaatan KBU, pengelolaan KBU harus berorientasi lingkungan, yaitu adanya keseimbangan pemanfaatan ruang dengan kelestarian fungsi lindung.

    Dalam pengelolaan KBU, sinergitas antar sektor perlu dikedepankan. Untuk pengendalian pemanfaatan ruang KBU peran lintas sektoral dilaksanakan melalui Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD), jelas Wagub.

    Pengendalian KBU, perlu melibatkan partisipasi masyarakat sehingga sudah dibentuk Forum Mitra KBU yang dibentuk oleh sukarelawan berbasis masyarakat peduli KBU dan tersebar di tiap Desa/Kelurahan dan Kecamatan di KBU.

    Forum tersebut, berfungsi membantu Pemprov.Jabar dalam menyebarluaskan informasi tentang KBU berbasis kearifan lokal dan membantu melakukan pengawasan terhadap pembangunan di KBU, ujar Wagub.

    Wagub menjelaskan, diakui di KBU sudah terjadi kerusakan lingkungan diantaranya hilangnya tujuh mata air di Kampung Ciosa Desa Mekar Saluyu Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

    Kerusakan tersebut, dapat diantisipasi dalam penerbitan dokumen Amdal dan penertiban izin di daerah Kabupaten/Kota. (NR)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus