Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    RKPD Jabar Online Lebih User Friendly

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15746.jpg

    BANDUNG-Dibanding tahun lalu, aplikasi RKPD Jabar Online yang digunakan dalam menyusun RKPD Jawa Barat 2017 ini lebih ramah bagi pengguna (user friendly). Versi anyar ini mempermudah para operator di organisasi perangkat daerah (OPD) maupun kabupaten dan kota. Secara visual, desain antarmuka (interface) juga lebih menarik.

    “Tidak ada perubahan berarti. Cuma ini "langkung geulis" dan lebih user friendly,” kata Bela Bakti Negara, perencana fungsional Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) Jabar, yang menjadi instruktur pada pelatihan tersebut, Kamis (21/1) saat pelatihan Aplikasi RKPD Online di Bappeda.

    Bela Bakti tampak piawai mendemonstrasikan pengisian form pada aplikasi inovatif Bappeda Jabar tersebut. Benar saja, pengguna tampak lebih mudah dalam melihat maupun mengolah usulan kegiatan. Kelebihan lainnya, pengguna tidak melakukan dua kali input ketika memasukkan usulan kegiatan. Bila sebelumnya input melalui RKPD Jabar Online dan Biro Keuangan Sekretariat Daerah, kini tidak lagi. Input cukup dilakukan pada saat pengisian form aplikasi.

    “Lebih simple, cukup sekali ini. Hasil input tadi nanti diberikan kepada Biro Keuangan. Tidak perlu oleh OPD dan Biro pengusul. Cukup di sini,” jelas Bela Bakti.

    Lebih jauh dia menjelaskan, RKPD Jabar Online versi anyar mengalami transformasi alur kerja, menyesuaikan dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Sistem juga mengintegrasikan perencanaan pembangunan tahunan, mulai perencanaan, penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA)-Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS), dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) secara online. Ada juga fitur pembuatan rancangan Pra-Rencana Kerja Anggaran (Pra-RKA) online.

    Di sisi lain, RKPD Jabar Online 2101 membuka pelibatan aktif unsur legislatif dalam pengusulan kegiatan. Dan, data usulan hibah atau bantuan terekam dengan lengkap dan terverifikasi dengan baik. Hasilnya, pengguna bisa mencetak usulan dalam berbagai format, baik listing kegiatan, format RKPD, format Rencana Kerja, dan format RKA.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus