Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Masalah Lahan Sampah Diminta Diselesaikan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15786.jpg

    BANDUNG-Pansus Raperda Perubahan tentang Pengelolaan Sampah telah melaksanakan peninjauan langsung terhadap tempat-tempat pengelolaan sampah (TPPAS).

    Pihak Pansus pekan ini, diantaranya sudah meninjau TPPAS di Nambo yang berlokasi di Kabupaten Bogor. Berdasarkan peninjauan tersebut, masalah lahan yang digunakan masih menyisakan persoalan. Seiring dengan rencana Raperda Perubahan Pengelolaan Sampah, masalah lahan diminta untuk segera diselesaikan.

    Hal demikian, diungkapkan Anggota Pansus II, H. Daddy Rohanady dalam pesan singkat yang diterima jabarprov.go.id,pekan ini. Daddy, dalam pesan singkatnya mengungkapkan, dari peninjauan di lapangan di kawasan Nambo yang saat ini digunakan untuk TPPAS, menyisakan persoalan yaitu lahan seluas 40 Ha, atas lahan tersebut ada 15 orang petani yang mengklaim mempunyai surat jual beli atas lahan tersebut.

    Kondisi tersebut, diperparah dengan adanya 25 orang petani sebagai penggarap di lahan tersebut.

    Di sisi lain, dalam Surat Perjanjian Kerja sama dengan PT Perum Perhutani menyatakan bahwa untuk lahan tersebut Sudah clean and clear.

    Dengan munculnya persoalan tersebut, sambung Daddy  pemerintah daerah diminta untuk menyelesaikan persoalan mengingat keberadaan TPPAS sangat dibutuhkan ditambah lagi sudah adanya puluhan milyar dana untuk mendukung berfungsinya TPPAS di Nambo.

    Dari laporan yang dihimpun untuk mendukung berfungsinya TPPAS Nambo melalui APBN telah dikucurkan dana sebesar Rp. 86 miliar dan dana APBD Provinsi Jabar sebesar Rp.65 miliar.

    Harapannya, ujar Daddy jika masalah lahan dapat diselesaikan TPPAS Nambo dapat beroperasi di tahun 2017 mendatang. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus