Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Harus Ada Rencana Induk Terkait Pemberdayaan Nelayan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15834.jpg

    BANDUNG- Pakar Perikanan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Dr. Iwang Gumilar menegaskan, dinas/instansi terkait harus memiliki rencana induk untuk melakukan pemberdayaan dan perlindungan nelayan. Pasalnya, untuk mengubah prilaku nelayan, tidak bisa dilakukan sekali dua kali saja, melainkan membutuhkan proses yang panjang.

    Penegasan Dr. Iwang tersebut disampaikan pada Rapat Kerja dengan Pansus III DPRD Jawa Barat, Pansus yang melakukan Pembahasan Raperda Inisiatif DPRD Jawa Barat tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Nelayan di Ruang Pansus DPRD Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (27/1).

    “Harus ada rencana induk atau master plan yang jelas dan baik, petakanlah misalkan hingga dua puluh tahun ke depan. Diharapkan setelah pemberdayaan tersebut, terjadi perubahan prilaku. Sejauh prilaku tidak diubah, maka saya yakin nelayan kita tetap berada di posisi termarjinalkan,” katanya. (enal)

    Dalam melakukan pemberdayaan nelayan, kata Dr. Iwang, harus ada pembinaan teknis dan manajerial secara berkesinambungan. Selain itu, harus tetap ada pendampingan. Pembinaan nelayan sendiri, bisa melalui sebuah kelembagaan misalnya melalui koperasi. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus