Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemkab Bandung Minta Percepatan Operasional TPPAS Legok Nangka

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15835.jpg

    BANDUNG-  Kepala Dinas Perumahan, Penataan Ruang dan Kebersihan Kabupaten Bandung, Erwin Rinaldi mengatakan, sampai saat ini di Kabupaten Bandung hanya ada satu Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) yaitu di Babakan, Kecamatan Arjasari. Itu pun kini, sudah ada tuntutan dari sebagian masyarakat agar TPA tersebut segera ditutup, paling lambat sampai akhir tahun 2016.

    “Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan sekali dan percepatan operasional Tempat Pengelolaan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka,” kata Erwin Rinaldi dalam Rapat Kerja dengan Pansus II DPRD Jawa Barat yang membahas tentang Raperda Perubahan Perda Provinsi Jawa Barat Nomor 12 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah di Jabar di Ruang Bamus DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandumg,

    Erwin menjelaskan,  Bupati Bandung dan Gubernur Jabar sudah menandatangani perjanjian kerjasama terkait dengan pengelolaan sampah di TPPAS Legok Nangka. Sampah dari Kabupaten Bandung antara 100-300 ton per hari. Dan juga ditentukan ada kompensasi dana pelayanan. Selain itu, karena lokasi TPPAS ada di wilayah Kabupayen Bandung, Pemkab Bandung akan mendapatkan kompensasi dampak negative dari Pemerintah Provimsi dengan besaran sebagaimana yang telah dituangkan dalam naskah perjanjian kerjasama tersebut.

    Terkait dengan Perda Pengelolaan Sampah di Jabar yang akan direvisi, kata Erwin, pihaknya belum bisa memberi masukan karena baru menerima drafnya.

    “Tetapi secara garis besar,  prinsipnya TPPAS Legok Nangka sangat dibutuhkan oleh Kabupaten Bandung dan kondisi saat ini memang grand desain kami juga mengarah ke pengolahan sampah di TPPAS Regional untuk penanganan akhir sampah. Kami mengharapkan ini akan segera direalisaikan,” katanya.

    Erwin juga menjelaskan, Kabupaten Bandung saat ini sudah memiliki  Perda terkait dengan pengelolaan sampah.

    “Tetapi kalau memang diperlukan  Perda lanjutan terkait dengan pengeloaan TPPAS Legok Nangka, mungkin nanti akan kami ajukan revisi,” katanya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus