Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    13 Orang Ex Gafatar Asal Subang Dipulangkan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15989.jpg

    SUBANG-Pemerintah Kabupaten Subang Jawa Barat telah mengembalikan 13 orang mantan Gafatar pada gelombang 2 dan gelombang 3. Menurut Lurah Karanganyar, Alex Nursalam diantaranya dikembalikan kepada kerabat dan rekannya.

    Diantaranya 2 kepala keluarga asal Kecamatan Subang yang dikembalikan kepada famili dan kerabatnya. Menurut Alex, pengembalian tempat asalnya menurut kehendak mereka atas arahan dari Pemerintah Kabupaten Subang. Dengan tetap dilakukan pemantauan pada aktfitas mereka.

    ”Sesuai dengan arahan Pemerintah Daerah setelah di Dinas Sosial diserahkan ke Kecamatan dan kelurahan. Yang penting kita kembalikan ke keluarganya atau sesuai keinginannya. Yang penting kita pantau terus,” jelas Alex kepada penulis di Kantor Dinas Sosial Subang, Selasa (9/2/2016)

    Sebab umumnya mereka sudah tidak memiliki aset lagi untuk bekal hidup di Mempawah, Kalimantan Barat.

    Akan Kembali Hidup di Subang

    Salah seorang mantan Gafatar asal Subang, Ucup Sunarna mengaku, akan kembali hidup di Subang, walaupun semua harta benda yang mereka miliki telah habis. Akan kembali berusaha tetapi tidak kembali ke tempat asalnya dan akan tinggal di rumah rekannya. Karena semua asetnya telah dijual berupa rumah senilai 25 juta rupiah, jelasnya.

    ”Kami (sekeluarga) telah menjual rumah. Walaupun gak begitu besar kami jual senilai 25 juta rupiah,” ujarnya.

    Sebelumnya berangkat ke Mempawah Ucup tercatat sebagai warga Karanganyar Subang. Dia mengaku berprofesi sebagai tukang ukir dan akan kembali pada profesi sebelumnya di tempat lain. Sebab secara adminitrasi sekarang Ucup sudah memiliki KTP Mempawah Kalimantan Barat.

    Pemerintah Kabupaten Subang, kata Ucup telah berjanji akan mengusahakan memfasilitasi dalam mengurus dokumen kependudukan.

    Pengembalian gelombang 3 dan 4 mantan Gafatar dengan total jumlah 3 kepala keluarga dan 2 orang merupakan perorangan. Daerah asal mereka ialah kecamatan Desa Bendungan Pagaden Barat, Cijambe dan Kecamatan Subang.

    Sementara yang perorangan 1 warga Balingbing Pagaden Barat dan 1 warga Karanganyar Subang.

    Mereka sebelumnya ditampung di Rumah Singgah Dinas Sosial Kabupaten Subang setelah diterima dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus