Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemborosan Akibat Macet Capai Triliunan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16134.jpg

    BANDUNG–Kemacetan telah memberikan kerugian yang besar terutama dalam hal pemborosan BBM dan waktu. Pakar Transportasi dari ITB Harun Al Rasyid dalam sosialisasi kereta cepat jakarta-Bandung di Panghegar Hotel, Jumat (19/2) lalu mengatakan kerugian akibat kemacetan mencapai triliunan rupiah.

    Ia menyontohkan akibat kemacetan di wilayah Jabodetabek telah menimbulkan pemborosan dan biaya tak terduga hingga Rp 70 triliun. Untuk Kota DKI saja mencapai kerugian pemborosan akibat macet sebesar Rp 46 triliun.

    “Untuk Bandung saja pemborosannya bisa mencapai Rp 5 triliun, Bandung raya bisa mencapai Rp 15 triliun, itu satu tahun. Jika digabungkan Jakarta dan Bandung berapa triliun?” tegasnya.

    Ia membandingkan dengan KA cepat yang menggunakan anggaran Rp 70 triliun dan itu dibangun dan dioperasikan selama kurun waktu kesepakatan 50 tahun. Jika dibandingkan besarnya tentu kerugian akibat kemacetan jauh lebih besar dibandingkan dana untuk membangun KA cepat. “Ka cepat Rp 70 triliun tapi itu selama 50 tahun, mahal dan murah itu
    tergantung ukuran hitungannya,” ungkap Harun.

    Menurutnya ada dampak positif dan negatif dari KA cepat, namun dampak negatif tentunya harus diatasi agar masyarakat bisa menikmati pembangunan KA cepat ini. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus