Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Musrenbang harus Kreatif

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16284.jpg

    Subang, Reporter Jabar – Bupati Subang, Ojang Sohandi meminta supaya kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan bisa menjadi alat musyarawarah untuk mengakomodir secara optimal usulan kebutuhan masyarakat dalam pembangunan. “Karena kami – Bupati dan Wakil Bupati beserta jajaran aparatur pemerintah – merasa bukan yang paling pintar. Oleh karenanya memerlukan batuan informsi dari tingkat yang paling bawah yaitu dari desa,” ujarnya pada sambutan Pembukaan Musrenbang di Aula Pemda, Selasa (1/3/2016).

    Melalui Musrenbang, lanjut Ojang harus mampu media mencari formula pembangunan yang benar-benar baik.

    Menurut survai LSI, kata Ojang menyebutkan kebutuhan masyarakat adalah perbaikan infrastruktur.

    “Setelah kita tahu kebutuhan masyarakat, maka kita akan fokus ke sana (pembangunan infrastruktur),” imbuhnya.

    Selain kebutuhan infrastruktur ada jug amasukan untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur.

    ”Namun kita perlu memikirkan pembangunan infrastruktur dulu untuk kepentingan masyarakat. Supaya menghindari jelek sangka dari masyarakat,” imbuhnya lagi.

    Ojang menambahkan hal penting lain ialah mengupayakan pengerjaan pembangunan supaya berkualitas dan menjaga hasil pembangunan.

    Masalah selanjutnya menurut LSI ialah belum optimalnya pelayanan pendidikan dan sarana pendidikan. Bupati menyebutkan pihaknya sering mendapatkan proposal bantuan terutama ketika menghadapi tahun baru. Untuk itu perlu pelayanan pendidikan secara maksimal. ”Untuk tahun 2017 jangan sampai ada banguna sekolah yang ambruk,” ujarnya.

    Selanjutnya laporan LSI menyebutkan ialah jumlah penduduk miskin masih banyak. Namun uniknya masih ada dengan kehidupan mapan tetapi mengaku sebagai warga miskin.

    Oleh karena itu melalui Gapura Emas pembangunan ekonomi kerakyatan akan ditunjang secara maksimal. Diantaranya mendorong sertifikasi halal dari MUI bagi produk-produk masyarakat Subang.

    Kemudian Pemkab menghibahkan sejumlah tenda untuk digunakan dalam kuliner malam setiap malam minggu di sepanjang Jalan Wangsa Goparana.

    Dibidang pertanian berkoordinasi dengan TNI/Polri. Menurut Ojang dirasakan ada kemajuan. Diantaranya distribusi pupuk berjalan lancar. Kelangkaan pupuk nyaristidak terjadi. Hal sama perbaikan irigasi bisa dilakukan secara maksimal.

    Pada kesempatan tersebut dihadiri Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Warsito S.sos, MS.

    Bapeda Provindi Jawa Barat, Ir Yuke Mauliani M.Si, BKPP Wilayah II, Ir Dedi Mulyadi dan Akademisi dari Universitas Padjadjaran, Dr. Drs. Asep Sumaryana, M.Si

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus