Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    357.885 Balita Jadi Sasaran PIN Polio

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16302.jpg

    BANDUNGKAB-Sebanyak 357.885 balita di Kabupaten Bandung, tercatat menjadi sasaran pelaksanaan PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio yang bakal berlangsung mulai tanggal 8 s.d 15 Maret 2016 mendatang. Untuk melayani balita sebanyak itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung telah mempersiapkan 4.318 Pos PIN dengan melibatkan 1.440 tenaga kesehatan sebagai supervisor dan 12.954 tenaga kader.

    “Setiap Pos PIN akan dilayani oleh tiga orang kader terlatih dengan tugas menggerakan masyarakat untuk datang ke Pos PIN, mengatur alur pelayanan imunisasi, mencatat hasil imunisasi serta memberikan tanda pada kuku jari kelingking kiri anak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kab. Bandung Dr. H. Achmad Dedi Kustijadi, M.Epid. seraya menyebutkan, tugas seorang supervisor antara lain mengkoordinir setiap 3 sampai 5 Pos PIN untuk memastikan pelaksanaan PIN berjalan baik disamping memantau kecukupan logistik.

    Ia merasa yakin, pelaksanaan PIN di Kabupaten Bandung bisa mencapai lebih dari 95 persen. Keyakinan tersebut, dilihat dari antusiasme masyarakat terhadap pelaksanaan PIN cukup tinggi, sarana dan tenaga pelayanan cukup tersedia disamping keterlibatan para kader disetiap RW masih sangat aktif. “Kalau kendala mungkin masih ada, tapi prosentasenya sangat sedikit seperti adanya penolakan imunisasi karena alasan keyakinan. Untuk mengatasinya kita lakukan pendekatan secara persuasif sambil menerangkan faedah imunisasi polio bagi perkembangan balita,” kata H. Achmad Dedi Kustijadi.

    Disebutkan, sarana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan PIN Polio dinilai sudah cukup memadai, seperti jumlah vaksin polio telah dipersiapkan sebanyak 16.846 buah, thermos 4.266 buah, vaccine carrier 1.667 buah dan lemari es sebanyak 75 buah.

    Selain di Pos PIN yang ada dibawah koordinasi Dinas Kesehatan, pelayanan PIN Polio juga bisa dilakukan disetiap puskesmas, puskesmas pembantu, klinik swasta, pos yandu, polindes, poskedes atau rumah sakit. Waktu pelayanan dimulai pukul 08.00 sampai selesai tanpa dipungut biaya.

    Sementara Ketua TP. PKK Kabupaten Bandung Ny. Hj. Kurnia Agustina Dadang Naser meminta kepada setiap kadernya yang ada dimasing-masing RT, RW dan desa untuk mengajak masyarakat khususnya kaum ibu yang memiliki anak balita agar mau datang ke Pos PIN melaksanakan imunisasi Polio.

    “Imunisasi polio ini sangat penting demi pertumbuhan anak dimasa depan, oleh karena itu saya mengajak kepada kaum ibu untuk datang ke Pos PIN pada waktunya. Mari manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya demi kesehatan anak-anak kita,” kata Hj. Kurnia Agustina.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus