Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Siapkan Transmigran Berkualitas

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16380.jpg

    BANDUNG-Kepala Bidang Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat, H. Deni Munawar mengatakan, dalam mensukseskan program transmigrasi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan transmigran berkualitas.

    ‘Transmigran berkualitas itu dalam satu angkatan ada pelatihan motivator untuk memotivasi calon tranmigran. Para calon transmigran dilatih dengan pelatihan dasar umum di Balai Latihan Transmigrasi dan Kewirausahaan.
     Mereka dilatih antara lain cara bercocok tanam, beternak dan membudidayakan ikan. Jadi, ketika diberangkatkan para calon transmigran itu sudah betul-betul siap. Jadi, kita tidak hanya sekedar mengirim transmigran,” kata H. Deni ditemui jabarprov.go.id, di ruang kerjanya, Kantor Disnakertrans Provinsi Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (8/3) lalu.

    Setelah mendapatkan pelatihan di Balai Pelatihan Transmigrasi dan Kewirausahaan Disnakertrans Provinsi Jawa Barat selama 12 hari, jelas H. Deni, para calon transmigran tersebut akan mendapatkan sertifikat pelatihan dasar umum transmigrasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

    “Adapun para calon transmigran yang mendapatkan pelatihan dan sertifikat tersebut, adalah hasil seleksi dan verifikasi calon transmigran dari kabupaten/kota di Jabar,” katanya.

    Setelah mengikuti pelatihan selama 12 hari dan mendapatkan sertifikat pelatihan dasar umum transmigrasi, para calon transmigrasi tersebut tinggal menunggu pemberangkatan. Pemberangkatan ke daerah tujuan dilakukan setelah adanya Surat Perintah Penempatan (SPP) dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

    “Setelah terima SPP, kita masih nunggu lagi jadwal pemberangkatan kapal. Setelah clear dengan kapal Pelni, baru kita berangkatkan ke daerah tujuan. Sedangkan teknis pembarangkatan dikawal oleh petugas, baik dari provinsi maupun dari kabupaten/kota daerah pengirim,” katanya. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus