Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    DPRD: Tidak Ada Lagi Ego Sektoral Dalam Pengelolaan Sampah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16409.jpg

    BANDUNG-Ketua Pansus II DPRD Jawa Barat  yang melakukan Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah  tentang Perubahan atas Perda Jabar Nomor 12 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah di Jabar,  H. Saipudin Zukhri, SH mengatakan, salah satu substansi dari Perda Pengelolaan Sampah adalah pengelolaan sampah regional secara terpadu yang melibatkan kabupaten/kota dan pemerintah provinsi dengan istilah Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS).

    “Diharapkan  dengan telah ditetapkannya Raperda ini menjadi Perda,  tidak ada lagi ego sektoral antara pemerintah kabupaten/kota dengan pemerintah provinsi dalam hal pengelolaan sampah,” katanya.

    Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ini mengatakan, dengan  akan segera berakhirnya Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Sarimukti Kabupaten Bandung Barat pada tahun 2018, sehingga diperlukan sebuah tempat pengelolaan sampah terpadu untuk menggantikannya.

    “Untuk penggantinya  sekarang dua TPPAS Terpadu akan dibangun, yaitu  TPPAS Nambo untuk mengelola sampah Kawasan Bogor, Depok, Bekasi dan  TPPAS Lengok Nangka untuk wilayah Bandung Raya,” katanya. (enal)

    Pengelolaan sampah di dua TPPAS Terpadu tersebut, katanya,  diharapkan  akan dapat menjadi pendapatan asli daerah. Karena  sampah itu bisa diubah menjadi bahan energi alternatif dan lain-lain. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus