Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    IBC Kembangkan Produk Berbahan Baku Bambu

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16419.jpg

    CIMAHI-Tiga orang anggota Indonesian Bamboo Community (IBC) atau Komunitas Bambu Indoensia tampak sedang membuat alat musik gitar dengan bahan baku dari bambu di Workshop milik IBC di Jalan Melong Asih Nomor 23, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Minggu (13/3).

    “Bukan hanya gitar, kami juga membuat alat-alat musik lainnya,  seperti biola, ukulele, bas, drum, kacapi dan alat musik yang ditiup. Semuanya berbahan baku bambu,” kata Wakil Ketua IBC, Apid  kepada jabarprov.go.id.

    Apid menjelaskan, alat-alat musik terbuat dari bambu yang diproduksi oleh IBC , selain dijual secara langsung, misalnya pada ajang pameran, juga dijual secara online. Untuk alat musik biola dijual dengan harga Rp 1,5 juta per buah. Sedangkan untuk gitar ada yang dijual hingga Rp 12 juta per buah.

    Dalam perjalanannya, IBC yang digagas dan dipimpin oleh Adang Muhidin tersebut, selalu melakukan inovasi-inovasi. Selain membuat aneka jenis alat musik, kini IBC juga mengembangkan jenis produk lainnya terbuat dari bambu. Diantaranya untuk fashion dan kuliner.

    “Untuk fashion kami membuat  produk dari bambu berupa T-Shirt. Sedangkan untuk kulinernya, kami membuat aneka masakan dari iwung. Bukan hanya untuk sayur,  rebung atau iwung juga dapat dibuat keripik. Kami juga tengah  mengembangkan teh dari pucuk bambu Cendani. Bambu ini banyak tumbuh di daerah Gadobangkong, Kabupaten Bandung Barat,” katanya.

    Saat ini, jelas Apid, IBC telah memiliki tiga cabang yaitu Cabang Bandung, Lampung dan Cabang Tenggarong, Kalimantan Timur. Khusus IBC Pusat yaitu di Kota Cimahi memiliki 40 orang anggota yang aktif. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus