Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    FPKP2 Minta Lokasi Pembangunan PLPR di Pantai Loji

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16434.jpg

    BANDUNG- Forum Peduli Karang Pamulang Palabuhan Ratu (FPKP2) Kabupaten Sukabumi meminta agar Proyek Nasional Pembangunan Pelabuhan Laut Pengumpan Pelabuhan Ratu (PLPR) di Pantai Karang Pamulang Palabuham Ratu dipindahkan lokasinya ke Pantai Loji di Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Palabuhan Ratu.

    Aspirasi FPKP2 tersebut disampaikan oleh Ketua FPKP2 Bayu Risnandar dan para aktivis lingkungan kepada Komisi IV DPRD Jawa Barat di Ruang Rapat Komisi V DPRD Jabar, Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Senin (14/5).

    Bayu dan para aktivis lingkungan dari Palabuhan Ratu itu, diterima oleh Ketua Komisi IV DPRD Jabar, H.Ali Hasan,  sejumlah anggota Komisi IV, Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat  Dedi Supriadi dan Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Agus Hanafiah.

    Menurut Bayu, ada tiga pertimbangan pihaknya mengajukan alternatif  pemindahan Proyek PLPR dari Pantai Karang Pamulang  ke Pantai Loji.

    Pertama, Pantai Karang Pamulang memiliki peran historis sebagai cikal bakal terbentuknya masyarakat nelayan pesisir Palabuhan Ratu. Secara turun temurun digunakan sebagai satu-satunya tempat yang bisa dipakai untuk berlabuh/mendarat secara aman.

    Kedua, Pantai Karang Pamulang memiliki peran sosial, yaitu satu-satunya pantai terbuka yang aman bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas laut, area interaksi warga, menikmati suasana pantai sampai bermain di sekitar pecahan ombak.

    Yang ketiga, pantai Karang Pamulang memiliki peran wisata unggulan. Arus ombaknya paling cocok bagi pecinta selancar.

    "Selain itu, pembangunan yang saat ini masih terus berlangsung di Pantai Karang Pamulang tidak sesuai dengan Perda Kabupaten Sukabumi No.22/2012 tentang RTRW Kabupaten Sukabumi Tahun 2012-2032," katanya.

    Menanggapi aspirasi FPKP2 tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Jabar, H.Ali Hasan menyatakan pihaknya akan menindaklanjutinya, antara lain akan melakukan peninjauan lapangan ke Pantai Karang Pamulang dan Pantai Loji Palabuhan Ratu.

    "Insya Allah peninjauan akan dilakukan pada tanggal 22-23 Maret ini," katanya. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus