Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Palabuhan Ratu Pintu Masuk Geopark Ciletuh

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16451.jpg

    BANDUNG- Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, H. Agus Hanafiah, S.Sos, MAP mengatakan, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa. Salah satunya adalah Geopark Ciletuh.

    “Geopark Ciletuh ini akan dikembangkan menjadi 8 kecamatan dan pintu masuknya dari Pelabuhan Ratu,” kata H. Agus Hanafiah, usai pertemuan dengan Forum Peduli Karang Pamulang Palabuhan Ratu (FPKP2) dan Komisi IV DPRD Jabar, di Ruang Komisi IV DPRD Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (13/3) kepada jabarprov.go.id.

    H. Agus menjelaskan, Geopark Ciletuh ini sebuah potensi wisata yang akan didorong menjadi potensi wsiata dunia karena memiliki tiga kriteria yang dipersyaratkan oleh UNESCO, yaitu geodiversity atau keragaman geologi, biodiversity atau keragaman hayati dan culturaldiversity atau keragaman budaya.

    “Alhamdulillah pada tanggal 22 Desember 2015, Geopark Ciletuh telah ditetapkan menjadi Geopark Nasional dan kita berencana target di 22 Desember 2017, Geopark Ciletuh ini menjadi Geopark Internasional. Alhamdulillah Assesor dari UNESCO sudah datang dan sangat dimungkinkan Geopark Nasional Ciletuh ini ditetapkan menjadi Geopark Internasional,” katanya.

    Untuk menuju ke Geopark Ciletuh, jelas Agus, pihaknya telah menentukan dengan tiga pintu gerbang, yaitu melalui Taman Jaya, Pantai Palangpang Puncak Darma dan melalui Ujunggenteng. 

    Diharapkan, kata Agus,  pintu masuknya itu adalah dari Pelabuhan Ratu. Pertimbangannya, Pelabuhan Ratu sudah dikenal baik di mancanagara dan itu potensi yang sangat luar biasa, sehingga akan lebih mudah apabila mengaitkan dengan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Sukabumi.

    “Kami berpendapat bahwa pembangunan pelabuhan di Palabuhan Ratu  itu memang sangat diperlukan bagi pengembangan pariwisata, karena masuknya dari sana, termasuk nanti untuk perjalanan laut menuju Pantai Palangpang, salah satu pintu gerbang Geopark Cieltuh,” katanya. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus