Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Learning community Untuk Profesionalitas Guru

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16503.jpg

    BANDUNG-Koordinator USAID Prioritas Jawa Barat, Erna Irnawati mengatakan, komunitas belajar (learning community) atau komunitas praktik (community of  practice) merupakan wahana potensial untuk menopang peningkatan kapasitas dan profesionalitas guru.

    Menurut Erma, pelatihan guru seyogianya dijalankan secara berbasis komunitas belajar, yaitu ruang belajar beragam praktik pendidikan yang baik.

    “Guru dapat memanfaatkan tunjangan sertifikasi untuk mendanai dirinya mengembangkan diri melalui komunitas belajar,” ujarnya.

    Erma mengatakan, pemerintah dapat menyiapkan peraturan guna mendorong para guru memaksimalkan komunitas belajar atas biaya mandiri.

    “Proses perencanaan strategis pengembangan keprofesian berkelanjutan guru (PKB) melalui KKG/MGMP dan komunitas belajar lain akan jauh lebih efektif dan efisien bagi peningkatan keprofesian guru,” katanya.

    Sementara itu, Mark Heyward, penasehat USAID Prioritas Bidang Tatakelola dan Manajemen Pendidikan, menyarankan, perlu dijalin koordinasi yang erat dan sistematis antara para pihak yang terkait dengan pengembangan keprofesian guru.

    “Perlunya kerjasama Kemendikbud, Kemenag, LPMP, dan P4TK serta perlu koordinasi yang terjalin antara berbagai pemangku kepentingan di level provinsi dan di tingkat daerah kab/kota,” ucapnya.

    Menurut Mark, berbagai pihak yang berwenang, kompeten dan bertanggung jawab pada peningkatan profesionalitas guru seharusnya berkoordinasi dan tidak bekerja sendiri-sendiri.

    “Jangan sampai setiap pihak asyik sendiri menyelenggarakan berbagai model pendidikan dan pelatihan guru, sehingga satu sama lain cenderung tidak singkron. Koordinasi semacam ini memungkinkan PKB menjadi jauh lebih efektif dan efisien,” pungkasnya. (Parno)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus