Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jokowi Tinjau Proyek Cisumdawu

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16521.jpg
    Foto : rmol.com

    SUMEDANG-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau pengerjaan Proyek Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan, atau Cusumdawu, di interchange Rancakalong, Desa Citali, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Kamis (17/3).

    Kepada pers di lokasi proyek, Presiden Jokowi ini menjelaskan, bahwa jalan Tol Cisumdawu sepanjang 60 kilometer, adalah bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang berada di Jawa Barat yang juga menghubungkan jalan Tol Padaleunyi dan tol Palimanan-Kanci. Dan keseluruhan mempergunakan lahan seluas 825 hektar.

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pun telah melakukan peletakan batu pertama proyek jalan tol ini, pada 29 November 2011 lalu.

    Selain itu , Cisumdawu juga akan dilengkapi terowongan sepanjang 472 meter. Terowongan tersebut terletak di bukit Cilengsar, Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang. Bagian ini dibangun oleh kontraktor China, Metallurgy Corporation of China (MCC).

    "Ini jalan tol dari Cileunyi ke Dawuan, dekat ke bandara, airport Kertajati. Panjangnya 60 km, akan diselesaikan pada 2018. Memang disini kalau kita lihat medannya sangat berat, tanahnya labil, naik turun , sehingga dikeroyok bareng - bareng ada swasta, ada BUMN," ungkap Presiden Jokowi di lokasi Proyek.

    "Juga ada terowongan 472 meter, ini dalam pengerjaan semuanya. Kalau sudah tembus nanti bisa dipake 2018,"  tambah dia.

    Untuk pengerjaannya, dibagi menjadi 6 tahap. Diantaranya, tahapan Cileunyi–Tanjungsari sepanjang 12.0 km, tahapan Tanjungsari–Sumedang sepanjang 17.51 km, tahapanan Sumedang-Cimalaka sepanjang 3,73 km, tahapan Cimalaka-Legok sepanjang 6,96 km, tahapan Legok ke Ujungjaya 16,35 km , kemudian tahapan Ujungjaya ke Kertajati sepanjang 4.0 km.

    "Saya kesini hanya ngontrol, ngecek kalau- kalau ada masalah di lapangan.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus