Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Trash Rack Solusi Atasi Sampah di Sungai

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16713.jpg

    BANDUNG-Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS) Yudha Mediawan mengatakan, yang paling real untuk mengatasi masalah sampah di sungai-sungai yang saat ini sering menjadi penyebab banjir yaitu trash rack.

    “Kita aka menggunakan cara trash rack untuk sungai-sungai di Bandung, namun menunggu anggarannya yang berjalan, untuk tahun 2017 sudah dialokasikan titik yang akan ditata oleh Pak Walikota,” ujarnya.

    Menurut Yudha, untuk desain trash rack yang akan diterapkan di sungai-sungai  di wilayah Kota Bandung nantinya akan dikerjasamakan dengan pihak lain.

    “Jadi dari BWWS membangun konstruksi dengan teknologi paling mutakhir tapi pemeliharaan dan operasionalnya dari aparatnya Pemkot melalui Dinas Kebersihan atau PD Kebersihan melalui dump truck,” ucapnya.

    Yudha memaparkan, cara kerjanya trash rack itu seperti saringan double, dimana motor penggeraknya bergerak keliling sehingga jika di sungai bergerak naik turun.

    “Ada jarinya, nantinya sampah terangkut ke atas begitu balik jatuh kemudian masuk ke conveyor bed yang terbuat dari karet ban berjalan yang membawa ke pinggir, nanti dump truck tinggal ambil mundur diatas konveyor itu jatuh semua,” tuturnya.

    Yudha mengatakan, untuk satu titik trash rack ini cukup mahal yang sudah dipasang di Cibeet  Karawang yang berfungsi membawa eceng gondok dengan biaya hampir 20 miliar.

    “Kita akan coba yang desainnya lebih murah buatan lokal namun handal karena buatan Korea mahal,” katanya. (Parno)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus