Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bandung Bentuk KPK Versi Kota

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16738.jpg

    BANDUNG-Berbagai permasalahan yang berkaitan dengan tindakan korupsi, khususnya di Indonesia hingga saat ini masih mengkhawatirkan, terbukti masih banyaknya kasus-kasus korupsi yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    Menyikapi permasalahan tersebut, Pemerintah Kota Bandung berinisiatif secara sistematis membentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) versi kota bernama forum pemantau zona integritas lingkungan pemerintahan Kota Bandung.

    Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, anggota KPK versi kota merupakan tim independen dari luar Pemkot Bandung yang terdiri dari media massa, ICW, transparansi internasional, akademisi dan komunitas.

    “Bersyukur mimpi mereformasi birokrasi Kota Bandung bisa terwujud, karena tidak ada cantolan hukumnya maka KPK itu diberi nama forum tersebut,” ujarnya.

    Menurut Walikota, tugas forum tersebut mirip dengan KPK, yaitu melakukan pencegahan, pembinaan dan pendidikan namun tidak ada penindakan karena tidak ada payung hukum.

    “Tim diberikan kewenangan dan akses sepenuhnya untuk mengawasi, membuka data, menerima laporan warga,” ucapnya.  

    Walikota mengatakan, nantinya tim ini rutin setiap bulan melaporkan hasilnya ke Walikota, Inspektorat dan pihak aparat hukum terkait.

    “Diharapkan di Kota Bandung mempunyai sistem dan birokasinya pun faham ada KPK versi kota yang aktif memantau dan mengawasi mereka dan diharapkan tim ini dijadikan contoh bagi kota lain,” pungkasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus