Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Seni Budaya jadi Media Komunikasi Pembangunan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16912.jpg

    SUBANG, Pemerintah Kabupaten Subang melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) akan menjadi seni budaya sebagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan. Salah satunya ialah Kesenian Calung. Menurut Kepala Dinas Budparpora, H. Hidayat karena calung merupakan kesenian yang telah memasyarakat. “Ingin dibangkitkan kembali menjadi Duta Informasi pembangunan,” ujarnya dalam sambutannya pada Pembukaan Acara gelar Potensi Budaya dan Pariwisata di Wisma Karya Subang, Rabu (13/4/2016).

    Kegiatan ini merupakan rangakaian HUT ke-68 Kabupaten Subang.

    Kata Hidayat, Buparpora melakukan pembinaan kepada kelompok-kelompok seni diantaranya Kelompok Seni Calung “Gurilap”. Kemudian ada 40 anak-anak yang verada dalam pembinaan Dinas Budparpora untuk memberdayakan potensi, khususnya di bidang Pariwisata. “mereka dibina dalam keterampilan seni, bahasa asing dan IT. Sehingga benar-benar menjadi duta budaya duta budaya Subang dimasa depan,” imbuhnya.

    Pada kegiatan ini akan ditampilkan 10 dalang cilik sebagai upaya regenerasi dalang-dalang supaya dimasa depan kesenian wayang tidak hilang. “Mereka para dalang perlu mendapat perhatian sehingga bis melahirkan dalang-dalang yang berwawasan luas moderat dan mampu mengikuti kemajuan jaman,” tambahnya.

    Hal senada dikatakan oleh Wakil Bupati Subang, Imas Aryumningsih yang menyebutkan Pemkab Subang menyadari akan potensi yang besar, baik alam maupun manusianya. Oleh karena itu melalui salah satu Perbupnya telah mewajibkan 2 jam untuk membaca. Tujuannya ialah untuk meningkatkan kualitas kecerdasan warga Subang denga membaca.

    Imas menekankan sebagai warga Subang harus bangga dengan Subang yang lengkap kekayaan alamnya, baik pegunungan, laut dan perkebunan. “Bahkan kita pun memiliki potensi pariwisata kelas dunia, yaitu Sariater,” ujarnya.

    Rasa bangga tersebut harus diwujudkan dengan Rasa bangga tersebut harus diwujudkan mengimbaginya dengan meningkatkan sumber daya manusia. Melalui peningkatan SDM yang baik akan mengoptimalkan pengelolaannya menjadi lebih baik. ”Bahkan menjadi yang terbaik di Jawa Barat,” imbuhnya.

    Imas sangat mengapresiasi penampilan kreativitas seni yang dilihatnya sangat baik. Memadukan berbagai budaya di Indonesia.

    ”Ini bagus dan baik. Namun harus tetap tidak melupakan seni tradisional Jawa baratnya,” imbuhnya lagi.

    Pada ulang tahun ke 68 sekarang mendapatkan kado istimewa yaitu salah satu putri Subang berhasil meraih Juara tingkat nasional, yaitu Putri keluar sebagai Juara Pertama dalam “Everybody Super Star TransTV”.

    Turut hadir diantaranya Sekda, Ketua PHRI, Ketua Dharma Wanita dan Dekranasda.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus