Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    USAID Dukung Gerakan Indonesia Membaca

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16943.jpg

    BANDUNG-Gerakan Indonesia Membaca (GIM) merupakan ikhtiar kolektif menggelorakan budaya literasi di Indonesia. Kemajuan suatu bangsa berbanding lurus dengan tingkat literasi masyarakatnya. Dengan tingkat literasi yang baik, masyarakat menjadi kritis, kreatif, dan inovatif sehingga memiliki peluang terbuka untuk meraih kemajuan dan berperadaban.

    Demikian ungkap Mendikbud Anies Baswedan, sebagaimana disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kemendikbud RI Erman Syamsudin, pada acara pencanangan Gerakan Indonesia Membaca tingkat nasional yang dipusatkan di Ciamis, Selasa (12/4) sebagaimana rilisnya yang diterima redaksi jabarprov.go.id dari USAID Prioritas, Jum'at (15/4).

    Kementerian memilih Ciamis menjadi satu dari 31 kab/kota untuk pencanangan GIM sebagai ungkapan apresiasi terhadap para pegiat literasi yang sangat aktif di Ciamis.

    Pada pencanangan GIM tersebut dilakukan penyerahan bantuan buku bacaan berjenjang (B3) secara simbolik dari koordinator USAID PRIORITAS Jawa Barat Erna Irnawati kepada Bupati Ciamis IIng Syam Arifin.

    Bagi Jawa Barat, USAID menyediakan buku bacaan berjenjang sebanyak 606 eksemplar per sekolah/madrasah, meliputi 1.930 SD/MI, mencapai total 1.169.580 eksemplar buku. “Bantuan buku bacaan berjenjang merupakan cara kami mendukung Gerakan Indonesia Membaca secara nasional,” tutur Erna.

    Pemerintah menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang turut bertanggung jawab atas keberhasilan GIM. “Atas nama pemerintah, Mendikbud secara khusus berterima kasih kepada USAID sebagai donatur buku bagi kelancaran GIM,” ujar Erman.

    Bupati Iing sebut ketersediaan buku bacaan tentulah sangat penting dalam bagi keberhasilan GIM. “Bantuan buku dari USAID sangat berarti, apalagi jenis bukunya berimbang dan berjenjang sehingga upaya peningkatan budaya literasi menjadi lebih terukur dan sistematis,” ucapnya.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus