Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Inilah Nilai Kearifan dari Wayang Golek

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_16957.jpg

    SUBANG- Keberadaan Seni Tradisional Wayang Golek bagi Pemerintah Kabupaten Subang merupakan kekayaan budaya yang strategis. Karena telah lama digunakan sebagai media dakwah oleh para wali dalam menyebarkan Islam.

    “Disamping itu Wayang Golek sebagai aset industri kreatif dan media komunikasi pemerintah yang mengandung kearifan lokal,” ujar Asisten Administrasi dan Pembinaan Aparatur Setda Kab Subang, Sumasna saat membacakan Sambutan Wakil Bupati Subang, Imas Aryumningsih, pada pembukaan Pegelaran Wayang Golek di halaman Radio Benpas Subang, Sabtu malam (16/4/2016).

    Maka dari perlu untuk melestarikan Seni Tradisonal Wayang Golek. Malam itu Wakil Bupati Subang berhalangan hadir karena harus memenuhi undangan menghadiri Mushabaqah Tilawatir Qur’an di Tasikmalaya. Selanjutnya kata Sumasna kearifan pada Wayang Golek diantaranya ialah semangat menuntut ilmu yang digambarkan sosok Arjuna dan Adipati Karna, walaupun mereka telah menjadi pejabat.

    Hasil dari menuntut ilmu kemudian dipersembahkan untuk berbakti kepada negara dan bangsa. Salah satu media mencari ilmu ialah dengan membaca. Maka dari itu harus ditumbuhkan semangat membaca dalam rangka menuntut ilmu. Peresmian gelar Wayang Golek ditandai dengan penyerahan wayang oleh Sumasna kepada Ki Dalang Yogaswara dari Giri Harja 3 Putra. Adapun lakon yang dibawakan ialah “Kangsa Dewa Adu Jago” dengan juru kawih Nunung Nurmalasari, Ibu Masuning dan Arum Pujianingsih.

    Dari pengamatan di lapangan ratusan penonton memadati Lapang radio Benpas dengan berbagai perbekalannya untuk menyaksikan Wayang Golek semalam suntuk. Menurut Kepala UPTD Radio Benpas, Jajang Haryasasmita para penonton datang berbagai daerah di Subang ditambah dari kabupaten tetangga, diantaranya Sumedang dan Karawang. “Bahkan jauh-jauh hari mereka telah bertanya-tanya kepastian waktu Gelar Wayang Golek,” ujarnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus