Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Diskusi Publik Peringati Hari Kartini

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17006.jpg

    BANDUNG-Dalam rangka memperingati Hari Kartini pada 21 April, Fraksi PKS DPR RI menyelenggarakan Diskusi Publik bertema ‘Inspirasi Kartini dan Kepeloporan Perempuan’ di Ruang Ex-Banggar, Gedung Nusantara 1 lantai 1, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/4).

    Dalam siaran pers yang diterima jabarprov.go.id, Rabu (20/4) sore, acara yang dimulai tepat pukul 13.00 ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Tifatul Sembiring dengan keynote speech bertema Perempuan Indonesia Kader Pelopor Bangsa.

    “Menurut data BPS 2010, ada sekitar 74 juta perempuan Indonesia yang bekerja sebagai ibu rumah tangga. Ini berpotensi melahirkan generasi Indonesia yang cerdas. Sisanya, 44 juta perempuan yang membagi waktunya di ranah publik, dapat turut serta membantu mencerdasakan masyarakat luas,” jelas Tifatul.

    Dalam ranah publik, di legislatif tingkat nasional, terdapat 97 perempuan dari 560 anggota DPR RI dan 34 perempuan dari 132 anggota DPD RI. Di tingkat eksekutif daerah, sebanyak 35 perempuan terpilih menjadi kepala daerah pada Pilkada serentak Desember 2015 silam.

    “Bila para perempuan yang aktif di ranah publik tersebut aktif menghasilkan produk legislasi dan menyukseskan program pembangunan yang bermutu di daerahnya, maka masyarakat akan menjadi tercerdaskan dan Indonesia akan menjadi bangsa yang maju,” jelas Wakil Ketua Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) ini.

    Diskusi yang diselenggarakan Fraksi PKS DPR RI bekerjasama dengan Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPP PKS ini, turut pula menghadirkan beberapa narasumber, seperti Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise, Ketua BPKK DPP PKS Wirianingsih, Sejarawan KH Muhammad Jazir ASP, dan Wakil Ketua DPR RI Ledia Hanifa Amaliah.

    Selain itu, turut diundang sebagai peserta aktif sejumlah istri kepala daerah dari area Jawa Barat dan Banten, organisasi masyarakat, dan DPRD Kabupaten/Kota di sekitar Jabodetabek.

    Untuk lebih menguatkan pandangan PKS tentang Kepeloporan Perempuan, diskusi ini sekaligus juga  meluncurkan dua buah buku hasil dari tradisi intelektual Perempuan PKS. Buku pertama berjudul ‘Kiprah dan Pemikiran Dra. Wirianingsih, M.Si di Ranah Politik dan Sosial Kemasyarakatan, sedangkan buku kedua berjudul ‘RA Kartini 1879-1904: Jejak Sebuah Jati Diri’ karya Pengurus BPKK DPP PKS, Sri Rahayu. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus