Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Siswa SMA Negeri 1 Sindang Ikuti Program BI Mengajar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17022.jpg

    INDRAMAYU-Sebanyak 500 siswa dan siswi SMA Negeri 1 Sindang, Kabupaten Indramayu kelas 10 -11, hari ini Kamis (21/04) mengikuti kegiatan sosialisasi tentang perbankan yang diadakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dalam program “BI Mengajar”.

    Kegiatan yang bertema “ Cinta dan Kerja Bank Indonesia Untuk Negeri” tersebut, para siswa diberi pemahaman dalam membedakan uang yang asli dan yang palsu yang saat ini masih saja ditemukan di masyarakat.

    Dalam kegiatan ini para siswa-siswi di tuntut untuk melihat secara seksama uang yang asli dengan yang palsu dengan cara Dilihat, Diraba dan Diterawang atau 3D.

    Dimana warna uang harus terlihat terang dan jelas dengan benang pengaman yang terlihat jelas serta terdapat OVI (Optically Variable Ink) pada pojok kanan bawah muka uang terdapat cetak khusus yang akan berubah warna apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

    Sementara jika diraba, pada mominal, gambar utama, burung garuda dan tulisan Bank Indonesia akan terasa kasar bila diraba, termasuk kode-kode tertentu bagi tuna netra untuk mengenali pecahan tertentu yang akan terasa kasar bila diraba.

    Sedangkan jika diterawang, pada uang kertas terdapat Tanda Air, berupa gambar yang akan terlihat bila diterawang ke arah cahaya dan pencetakan suatu ragam bentuk yang menghasilkan cetakan pada bagian muka dan bagian belakang uang yang akan saling mengisi atau beradu tepat jika diterawang ke arah cahaya.  (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus