Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pengusaha Chocodot Berbagi Kiat Sukses

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17170.jpg

    BANDUNG-Pengusaha Chocodot (Chocolate  with Dodol Garut), Kiki Gumelar berbagi kiat sukses kepada para wirausahawan baru dalam Pelatihan dan Pembentukan Wira Usaha Baru (WUB) yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat di Hotel Naripan, Jalan Naripan, Kota Bandung, mulai tanggal 25 hingga tanggal 29 April 2016.

    “Modal untuk para usahawan pemula adalah harus ada modal rasa percaya diri, bisa dipercaya oleh orang lain, lalu niat dan keyakinan serta fokus terhadap usaha apa yang dijalankannya,” kata Kiki Gumelar, Rabu (27/4), menjawab pertanyaan jabarprov.go.id, seputar kiat apa yang diberikan kepada wirausahawan baru agar sukses dalam menjalankan usahanya.

    Lalu yang berikutnya, lanjut pria pinilih Jajaka Garut 1997 dan Runner Up Jajaka Jawa Barat itu, adalah terus belajar untuk meraih kesuksesan.

    “Kita juga harus bisa membaca pasar sekeliling kita, kebutuhan apa yang diperlukan, kesempatan apa yang ada di depan mata kita, supaya kita bisa peka terhadap peluang-peluang yang akan datang dan kita bisa memanfaatkan waktu tersebut,” kata pemilik Tama Cokelat Garut yang memproduksi aneka rasa atau varian Chocodot itu.

    Ditanya produk apa yang diperlukan dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sekarang ini, mantan manajer sebuah perusahaan cokelat di Yogyakarta itu menjelaskan, sebenarnya selama manusia hidup pasti butuh makan, sandang pangan papan itu pasti penting. Jadi, usaha apapun sebenarnya ada peluangnya di situ.

    “Kiat suksesnya, kalau saya terus menggali potensi daerah yang sedang ada dan sudah ada supaya kita bisa juga memanfaatkan kearifan lokal dalam produk yang kita ciptakan, sehingga mempunyai keunikan tersendiri, dan kita bisa menjual keunikan tersebut menjadi sebuah produk yang memang berbeda,” pungkas pengusaha muda Asgar (asal Garut) itu. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus